Yevgeni Kabayev, Striker Rusia yang Ketajamannya Pernah Bikin Persija Kepincut

Yevgeni Kabayev, Striker Rusia yang Ketajamannya Pernah Bikin Persija Kepincut

Duffytheseaturtle.com – Persija Jakarta kerap dihuni pemain dari Eropa dan striker asal Rusia Yevgeni Kabayev adalah salah satunya.

Read More

Di tengah memanasnya konflik Rusia-Ukraina, banyak penikmat sepak bola Tanah Air yang mengenang beberapa pesepak bola asal Rusia yang pernah berkiprah di Indonesia.

Belum lama ini, nama Kabayev menjadi perbincangan di kalangan Jakmania karena menunjukkan hasratnya yang ingin kembali bermain untuk Macan Kemayoran.

Terlihat dari akun Instagram sang pemain, Kabayev belakangan kerap mengunggah momen di mana dirinya pernah berseragam Persija.

Baca Juga:
Prediksi Liverpool vs Inter Milan dan 4 Berita Bola Terkini

Salah satunya adalah unggahannya pada 6 Maret 2022 lalu, di mana Kabaev mencolek Persija dengan unggahan fotonya.

“Persija apa kalian mengingat saya?” bunyi caption unggahan Kabayev.

Bahkan lewat fitur Instagram Stories-nya, Kabayev terlihat me-repost beberapa unggahan yang berkaitan dengan Persija dari para Jakmania.

Ia pun juga mengadakan give away jersey bertanda tangannya untuk Jakmania yang menjadi kode bahwa dirinya ingin kembali ke Persija.

Berikut profil Yevgeni Kabayev, pemain Rusia yang pernah memperkuat Persija.

Baca Juga:
Cedera, Kylian Mbappe Tetap Dibawa Pelatih PSG ke Markas Real Madrid

Provil Yevgeni Kabayev, Mantan Top Skor Liga Estonia

Yevgeni Kabayev merupakan pesepak bola asal Rusia yang lahir di St Petersburg pada 28 Februari 1988. Saat ini, usianya sendiri telah menginjak 34 tahun.

Perjalanan karier sepak bola Kabayev dimulai di Eropa pada 2007 saat bergabung klub Rusia, Kolomyagi SP-b.

Setahun membela Kolomyagi SP-b, Kabayev sempat menganggur sebelum akhirnya menyeberang ke Estonia dan bermain untuk Sillamae Kalev.

Di klub ini, Kabaev menimba ilmu dan pengalaman. Setelah itu ia sempat berpindah-pindah klub yakni ke FC Lootus di Estonia, OPS di Finlandia, dan kembali ke Rusia untuk membela Petrotrest dan Karelia.

Meski demikian, angin kembali membawanya ke Estonia untuk kembali memperkuat Sillamae Kalev pada 2012, di mana di periode keduanya ini, Kabayev menorehkan catatan terbaiknya.

Pada tahun 2014, Kabayev menorehkan catatan terbaiknya, yaitu menjadi top skor Liga Estonia dengan torenah 36 gol.

Ketajamannya bersama Sillamae Kalev itu membuat Persija tergoda dan kemudian mendatangkannya pada Januari 2015 silam.

Bersama Persija, perjalanan Kabayev tak berlangsung lama. Ia hanya bermain setengah musim saja setelah Kemenpora membekukan PSSI karena masalah dualisme, yang membuat Liga Indonesia 2015 dihentikan.

Meski perjalanannya bersama Persija terbilang singkat, Kabayev tetap memberikan kesan indah bagi Jakmania.

Setelah meninggalkan Indonesia, Kabayev kembali pulang ke Sillamae Kalev dan kembali menyabet gelar top skor Liga Estonia dengan total 25 gol.

Penampilan apiknya bersama Sillamae Kalev membuat Kabaev pun dipinang oleh klub asal Republik Ceko, Bohemians Prague 1905 pada 2017.

Sejak saat itu, Kabayev kembali berpetualang ke berbagai klub lainnya dari Rusia, Estonia, Honduras, hingga akhirnya kembali ke Asia Tenggara, tepatnya ke Thailand.

Kabayev kembali ke Asia Tenggara pada 2020 dengan bergabung Samut Sakhon FC. Sejak saat itu, dirinya bertahan di Thailand dan tercatat kini membela tim kasta kedua Thai League, Chiangmai FC.

[Penulis: Felix Indra Jaya]



#Yevgeni #Kabayev #Striker #Rusia #yang #Ketajamannya #Pernah #Bikin #Persija #Kepincut

Sumber : www.suara.com

Related posts