Tips Mengelola Keuangan Agar Tetap Sukses Finansial di Usia 20-an

Tips Mengelola Keuangan Agar Tetap Sukses Finansial di Usia 20-an

Sukabumi.suara.com –  Di usia tersebut mungkin menjadi masa peralihan dan mulai hidup mandiri. Pada masa inilah pengaturan keuangan menjadi penting.

Read More

Pada usia 20-an belajar mengatur keuangan menjadi waktu yang tepat. Namun ada kalanya kebingungan mengenai pengaturan keuangan menyebabkan kita yang seharusnya mapan secara finansial justru memiliki keuangan yang amburadul.

Belum lagi gaya hidup dan gengsi yang masih sangat menggebu-gebu membuat kita jadi lebih mengutamakan ‘apa kata orang’ dibandingkan dengan masa depan kita yang sesungguhnya. Ujung-ujungnya, kita selalu terjebak dalam situasi yang merugikan diri sendiri.

Berikut tips mengelola keuangan di usia 20-an.

Baca Juga:Takut Berlebihan Saat Jauh dari Ponsel? Waspada Nomophobia!

1. Berhenti Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit memang banyak menawarkan bonus atau promo yang menggiurkan, namun penggunaanya yang kurang tepat bisa membuat kamu terjerat hutang.

Selain itu, menggunakan kartu kredit juga bisa merugikanmu loh, karena kamu harus membayar bunga kreditnya.

Selanjutnya, hindari juga memakai kartu kredit untuk keadaan darurat, siapkan dana darurat yang baik sebagai gantinya.

2. Tetapkan tujuan 

Baca Juga:Bingung Kenapa Jalanan Dibuat Berkelok-kelok? Ini Alasannya

Langkah pertama adalah tetapkan tujuan atas uang yang kamu sisihkan. Buat tujuan awal untuk apa kamu menabung dan akan kamu gunakan untuk hal apa nantinya. Dengan begitu kamu akan memiliki semangat untuk menyisihkan uangmu sebelum kamu membelanjakannya.

Perlu diingat, orang yang cerdas akan menyisihkan uangnya untuk ditabung terlebih dulu baru sisanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan, bukan sebaliknya.

3. Pisahkan Rekening Sesuai Alokasi

Habis gajian langsung pisahkan ke rekening yang berbeda sesuai alokasi, misalnya rekening untuk living, saving dan playing. Membagi pos ke dalam tiga rekening yang berbeda dapat kamu lakukan sebagai langkah awal untuk disiplin mengelola keuangan. Harapannya dengan memisahkan pos tersebut, kamu lebih tahu limit yang harus kamu keluarkan untuk masing-masing tujuan. Jadi nggak ngasal untuk mengeluarkan uang. 

4. Mulai Belajar Investasi

Sebagian orang kurang berminat untuk investasi karena tidak sempat untuk belajar. Nah, sekarang saat kamu masih berusia 20-an tahun, inilah saat yang tepat untuk memelajari berbagai instrumen investasi. Jangan sampai kamu menyesal tidak belajar sedari dini ya. Nah, kamu bisa belajar banyak instrumen investasi dan mulai investasi.

5. Biasakan untuk menulis semua pengeluaran

Di usia muda, kamu pasti malas untuk mengelola keuangan dengan benar. Alhasil semua pengeluaran yang kamu gunakan hanya lewat dan nggak tercatat jelas di dalam buku. Padahal kebiasaan ini perlu dan sangat penting kamu lakukan, loh.

Kamu sebaiknya membiasakan diri untuk tetap mencatat semua keuangan setiap harinya. Jika belum sempat, kamu dapat mengumpulkan bon-bon belanja terlebih dahulu. Nantinya, saat akhir bulan, kamu bisa mengumpulkan semuanya dan menjumlahkan pengeluaran bulananmu. Dari situ kamu bisa melakukan evaluasi.

Apakah pengeluaran bulanan kamu sangat besar? Jika iya, sebaiknya lihat, mana bagian yang paling banyak mengeluarkan uang. Apabila hal tersebut nggak penting, sebaiknya ubah kebiasaan buruk tersebut di bulan berikutnya, supaya nggak boros.

Semua tips mengelola keuangan di atas bisa kamu ikuti. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari tip di atas. Jangan pernah malas untuk menabung sejak dini, karena kamu masih memiliki umur panjang yang membutuhkan biaya lebih besar di masa depan. Rajinlah membaca buku untuk lebih mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan dengan bijak. Selamat mencoba!

#Tips #Mengelola #Keuangan #Agar #Tetap #Sukses #Finansial #Usia #20an

Sumber : sukabumi.suara.com

Related posts