Tak Hanya ASN, 9 Perusahaan Swasta Ini Sudah Lebih Dulu Terapkan WFA Permanen

Tak Hanya ASN, 9 Perusahaan Swasta Ini Sudah Lebih Dulu Terapkan WFA Permanen

Duffytheseaturtle.com – Pemerintah berencana menerapkan kebijakan Work From Anywhere atau WFA kepada Aparatur Sipil Negara (ASN). Kebijakan ini merupakan inovasi baru terhadap sistem pemerintahan dan pelayanan masyarakat kepada rakyat.

Read More

Inovasi dari sistem kerja WFA ini merupakan sikap adaptif terhadap teknologi, informasi dan komunikasi. Contohnya yakni bekerja di rumah, mall, cafe, dan lain sebagainya asalkan tetap terkoneksi dengan internet.

Kemajuan jaman ini ditanggapi dengan baik oleh pemerintah. Sistem kerja ini memberi kesempatan bagi ASN ataupun PNS untuk bekerja dari mana saja. Namun tentu saja PNS atau ASN ini tidak boleh menurunkan performa kinerjanya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerjasama BKN, Satya Pratama. Konsep ini mementingkan kinerja dan target yang tercapai meskipun bekerja di manapun sesuai hati. 

Baca Juga:
ASN Pemprov Kalbar Ditangkap Polisi Lantaran Jadi Calo CPNS

Namun ternyata kebijakan WFA ini sendiri bukanlah hal baru di Indonesia. Rencananya akan diterapkan kepada ASN dan PNS, nyatanya work from anywhere secara permaneh sudah lebih dulu dilakukan oleh beberapa perusahaan swasta.

Berikut perusahaan swasta yang menawarkan WFA secara permanen:

1. Niagahoster

Niagahoster adalah startup yang menerapkan WFA secara permanen. Hal ini diumumkan oleh akun Twitter resmi Niagahoster. Perusahaan tersebut telah menerapkan WFH dan remote sejak pandemi Covid-19 hingga saat ini.

2. Stockbit dan Bibit.id

Baca Juga:
Pemerintah Wacanakan Kebijakan WFA untuk ASN, Bidang Apa Saja yang Diperbolehkan?

Stockbid dan Bibit.id menjadi perusahaan yang menerapkan sistem WFA secara permanen sejak Februari 2022. Pekerjaan remote terbukti mampu tingkatkan kesejahteraan karyawan. Fleksibilitas kerja yang ditawarkan bisa menjadi cara tingkatkan produktivitas dan kualitas kerja.

3. Amartha

Amartha merupakan perusahaan yang bergerak di bidang fintech. Perusahaan ini memberlakukan WFA hingga akhir tahun 2022. Sistem kerja ini diaplikasikan setelah adanya peningkatan produktivitas dan kualitas kerja.

4. eFishery

Perusahaan ini bergerak di bidang akuakultur telah memberlakukan WFA sejak awal pandemi yakni pada 2020.  Semenjak diberlakukan, produktivitas karyawan eFishery meningkat, sehingga eFishery memutuskan WFA secara permanen.

5. Ajaib

Ajaib telah menerapkan WFA secara permanen sejak Januari 2022. Setelah adaptasi dan percobaan, sistem kerja tersebut dianggap efektif. Hasilnya, Ajaib memberlakukan WFA secara permanen. Baik untuk bekerja maupun rekrutmen.

6. CoLearn

CoLearn telah menerapkan WFA sejak lama. Perusahaan yang bergerak di bidang e-learning ini memberlakukan ini karena terbukti efektivitas dan kesehatan mental karyawan yang terjaga.

7. Flip

Flip merupakan perusahaan yang memberlakukan kerja remote selama 2 tahun. Mereka membuktikan bahwa jarak tidak menghalangi karya. Tidak hanya itu, perusahaan tersebut juga menyediakan mental health support dan training untuk meningkatkan kualitas kinerja karyawannya.

8. PT Bank Amar Indonesia Tbk

Bank Amar menerapkan WFA secara permanen yang sejalan dengan kebijakan Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan yang diciptakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pandemi membuat dunia korporasi menemukan manfaat dari kerja jarak jauh. Sistem hybrid ini terbukti meningkatkan kesejaheraan dan kualitas kerja dari karyawan amar bank.

9. BliBli.com

BliBli menerapkan WFA secara permanen sejak Januari 2022. Awalnya, BliBli menerapkan WFA untuk mengikuti aturan pemerintah, tetapi ternyata banyak hal positif yang dapat diraih. Oleh karena itu, BliBli menerapkan sistem WFA secara permanen.

Demikian 9 perusahaan yang menerapkan work from anywhere. WFA terbukti meningkatkan kualitas dna produktivitas karyawan. Kesehatan mental karyawan pun terjaga dan tetap baik.



#Tak #Hanya #ASN #Perusahaan #Swasta #Ini #Sudah #Lebih #Dulu #Terapkan #WFA #Permanen

Sumber : www.suara.com

Related posts