Siap-siap, Kemenparekraf Bocorkan Strategi untuk Bawa Film Indonesia ke Ranah Global

Siap-siap, Kemenparekraf Bocorkan Strategi untuk Bawa Film Indonesia ke Ranah Global

Duffytheseaturtle.com – Film Indonesia mengalami peningkatan kualitas dalam beberapa tahun terakhir. Karena itu, tidak heran sejumlah film Indonesia bahkan memenangkan penghargaan dari luar negeri.

Read More

Inilah yang menjadi alasan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan berusaha membawa film-film karya sineas Indonesia bisa mendunia dan dikenal masyarakat global. Apa strategi yang dilakukan?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebutkan perfilman mendapat perhatian khusus dan salah diunggulkan untuk ekonomi kreatif (ekraf) di Indonesia karena berperan sebagai lokomotif ekraf nasional dan bisa mendukung 16 subsektor ekraf lainnya.

“Kita memang sudah mengajukan program lain untuk subsektor film. Ini akan kita koordinasikan dan mudah- mudahan bisa masuk ke skema- skema produksi film mulai dari praproduksi, produksi, hingga tahapan promosi. Ini memang dibutuhkan untuk kebangkitan ekonomi kita,” kata Sandi saat dijumpai di kawasan Jakarta Selatan, Selasa.

Baca Juga:
Aksi Ngamuk Mirip di Oscar 2022 Ternyata Pernah Kejadian di Festival Film Indonesia 2013, Protes Tak Masuk Nominasi

Selain menyiapkan program dukungan dengan menjembatani pembiayaan film dengan mempertemukan sineas dan investor lewat program bernama Akatara untuk memperbanyak konten berkualitas dari dalam negeri.

Kemenparekraf juga mendorong agar Deputi Pemasaran di lembaganya bisa membawa film- film Indonesia semakin dikenal di mata dunia.

“Tentunya nanti ada Deputi Pemasaran Ekraf, mereka bisa memfasilitasi untuk ikut keluar negeri,” ujar Direktur Akses Pembiayaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Hanifah Makarim.

Di samping program dari Pemerintah, Sandi berharap dukungan dari para pelaku di ekosistem industri perfilman bisa menyempurnakan program yang telah disiapkannya.

Ia mendorong “kolabor-aksi” dari berbagai pihak, tidak hanya kolaborasi semata tapi harus menciptakan dampak yang baik untuk masyarakat serta membanggakan nama harum Indonesia sehingga dinamakan “kolabor-aksi”.

Baca Juga:
Survei Kemenparekraf: Segini Uang yang Dibelanjakan Wisatawan Selama Nonton MotoGP di Lombok

“Kita inginnya ‘kolabor-aksi’ dengan dunia usaha, swasta seperti Kadin, agar berpartisipasi di sini, juga diharapkan bisa mengangkat kekayaan alam serta keragaman dari budaya kita,” ujar Sandi.



#Siapsiap #Kemenparekraf #Bocorkan #Strategi #untuk #Bawa #Film #Indonesia #Ranah #Global

Sumber : www.suara.com

Related posts