Sedih Banget! UNESCO Sebut Perang di Ukraina Rusak Puluhan Situs Bersejarah

Sedih Banget! UNESCO Sebut Perang di Ukraina Rusak Puluhan Situs Bersejarah

Duffytheseaturtle.com – Rusaknya situs bersejarah di Ukraina menjadi dampak perang terbaru yang dikhawatirkan oleh UNESCO.

Read More

Bulan lalu UNESCO mengatakan telah melakukan upaya perlindungan terhadap warisan budaya yang terancam hancur oleh invasi Rusia di Ukraina, salah satunya memasang “Perisai Biru” untuk menandai situs dan monumen budaya.

“Kami sangat prihatin dengan situasi kemanusiaan dan kondisi warisan (budaya). Peninggalan manusia berada dalam bahaya (di Ukraina),” kata Ernesto Ottone, asisten direktur jenderal kebudayaan UNESCO, dikutip dari ANTARA, Jumat (1/4/2022).

UNESCO membuat daftar awal situs yang rusak total atau sebagian. Daftar pertama itu berisi 29 situs keagamaan, 16 gedung bersejarah, empat museum dan empat monumen.

Baca Juga:
Bantu Ukraina, Gelandang Spezia Viktor Kovalenko Lelang Jersey

Kepala UNESCO Audrey Azoulay menulis surat kepada Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada awal Maret untuk mengingatkan bahwa Rusia menandatangani konvensi perlindungan warisan budaya di masa perang, kata badan tersebut.

Namun, surat itu belum mendapatkan respons hingga sekarang, kata UNESCO.

Dalam perundingan pekan ini, Moskow mengatakan Rusia akan mengurangi serangannya di dekat ibu kota Kiev dan kota tetangganya Chernihiv untuk membangun kepercayaan.

Ukraina dan negara-negara sekutunya mengatakan Rusia menarik pasukannya dari wilayah-wilayah itu bukan untuk menunjukkan niat baik tetapi karena mengalami banyak kekalahan.

Baca Juga:
Istri Presiden Ukraina Tahu Diincar, Ia Tak Akan Tinggalkan Negaranya



#Sedih #Banget #UNESCO #Sebut #Perang #Ukraina #Rusak #Puluhan #Situs #Bersejarah

Sumber : www.suara.com

Related posts