Regulasi Keamanan Siber Bantu UMKM Manfaatkan Ruang Digital

Regulasi Keamanan Siber Bantu UMKM Manfaatkan Ruang Digital

Duffytheseaturtle.com – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G.Plate menyebutkan dibutuhkan kehadiran regulasi untuk menjaga keamanan siber di dunia maya agar lebih banyak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memanfaatkan ruang digital dan akhirnya mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Read More

Pemerintah tidak hanya bertugas menyediakan infrastruktur ruang digital tapi juga menyiapkan regulasi lebih ketat terutama terkait keamanan mengingat serangan siber selalu ada tidak hanya terjadi di negara berkembang tapi juga negara- negara maju.

“Regulasi dan kebijakan dari para pemimpin diperlukan untuk tidak memberikan tempat atau ruang yang nyaman bagi pelaku-pelaku kriminal siber,” kata Plate di ajang Asia Tech x Summit: Technology, Society and The Role of Policy yang berlangsung di Singapura, Selasa (31/5/2022).

Plate mengatakan karenanya diperlukan regulasi yang kuat, adopsi teknologi yang canggih termasuk di dalamnya teknologi enkripsi yang memadai, dan tersedianya talenta-talenta berkualitas untuk mengamankan ruang digital.

Baca Juga:
Menkominfo Akan Beri Sanksi PSE yang Tak Becus Lindungi Data Pribadi

Keberadaan UMKM di Indonesia memainkan peranan penting karena dalam penyumbang pemasukan terbesar, UMKM menyumbang 60 persen PDB nasional.

Maka dari itu pemerintah terus berupaya mendukung para pelaku UMKM untuk bisa berkembang meningkatkan usahanya sehingga dapat berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Terutama terkait dengan regulasi di ruang digital yang meski kini adopsinya tinggi akibat pandemi COVID-19 namun masih banyak yang kebingungan untuk memproteksi dirinya dari serangan siber di dunia maya itu.

Tidak hanya di Indonesia, fokus memberikan keamanan di ruang digital secara global harus digaungkan agar dapat memberikan rasa nyaman kepada warga di dunia termasuk di tingkat regional.

Alasan pembahasan mengenai keamanan digital perlu dibahas di tingkat regional seperti ASEAN adalah agar terjadi transfer ilmu untuk kebaikan bersama sehingga negara antar negara dapat memberikan proteksi kepada warga negaranya dari segala jenis ancaman kejahatan.

Baca Juga:
Menteri Plate: Indonesia Berkomitmen Kuat Lindungi Data Pribadi Warga Negara

“ASEAN sudah punya digital framework dalam ASEAN Digital Roadmap. Meskipun bukan mandatori, tetapi menjadi acuan sehingga mudah-mudahan di antara para pemimpin ini bisa mempunyai suatu pemahaman yang sama agar kesepakatan Indonesia bisa menjadi bagian dari kesepakatan di ASEAN dan kesepakatan ASEAN ini menjadi sumbangsih kita,” kata Plate. [Antara]



#Regulasi #Keamanan #Siber #Bantu #UMKM #Manfaatkan #Ruang #Digital

Sumber : www.suara.com

Related posts