Pos Indonesia Salurkan BNT bagi Korban Erupsi Semeru Sesuai Amanat PMI

Pos Indonesia Salurkan BNT bagi Korban Erupsi Semeru Sesuai Amanat PMI

Duffytheseaturtle.com – PT Pos Indonesia (Persero) telah membuktikan keandalan dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) yang diamanatkan oleh pemerintah. Kali ini, Pos Indonesia diberi amanat menyalurkan Bantuan Non Tunai (BNT) oleh Palang Merah Indonesia (PMI).

Read More

BNT tersebut berupa uang tunai Rp1,5 juta untuk 1.650 kepala keluarga terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. PMI menargetkan penyaluran bantuan selesai dalam 14 hari.

Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero), Faizal R Djoemadi menyanggupi permintaan PMI. Bahkan ia yakin, jajarannya sanggup menyelesaikan penyaluran dalam tiga hari.

“InsyaAllah, dua atau tiga hari sudah selesai. Kami telah menyiapkan beberapa strategi penyaluran,” ujar Faizal.

Baca Juga:
PMI Bersama Pos Indonesia dan IFRC Serahkan Bantuan Non Tunai untuk Korban Guguran Awan Panas Semeru

Pernyataan Faizal tersebut diamini oleh EVP Regional V Pos Indonesia, Kiagus Muhammad Amran. Berbekal pengalaman sukses menyalurkan bansos dari Kementerian Sosial (Kemensos) kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat di seluruh Indonesia, membuat Amran optimistis, Pos Indonesia akan mampu menunaikan tugas dari PMI dengan baik.

“Pekerjaan ini mirip dengan penyaluran bansos, lengkap dengan foto wajah (face recognition) dan geotagging penerima. Datanya bisa dipertanggungjawabkan,” tutur Amran.

Adapun penyaluran bantuan kepada korban bencana dalam bentuk uang tunai ini disebutkan Amran, merupakan kebijakan terkini PMI.

“PMI kebijakannya tidak lagi menyalurkan bantuan dalam bentuk non tunai, tapi sudah berbentuk uang supaya masyarakat bisa membeli di sana sekaligus menggerakkan perekonomian setempat,” katanya.

Sebelum menyalurkan BNT kepada keluarga terdampak bencana, Pos Indonesia berkoordinasi dengan PMI dan pemerintah daerah (pemda) setempat terkait validasi data calon penerima.

Baca Juga:
Pos Indonesia Bantu Perkuat dan Perluas Layanan Kemanusiaan PMI

“Kami berkoordinasi dengan PMI dan pemda setempat untuk memvalidasi data penerima, setelah itu dilakukan penyaluran bantuan,” ujat Amran.



#Pos #Indonesia #Salurkan #BNT #bagi #Korban #Erupsi #Semeru #Sesuai #Amanat #PMI

Sumber : www.suara.com

Related posts