Perbedaan Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Akademi, dan Politeknik

Mahasiswa dan Dosen STT Ekumene Saling Lapor ke Polisi Soal Dugaan Pemalsuan Surat Kelulusan

Duffytheseaturtle.com – Para lulusan SMA dan sederajat kerap bingung untuk melanjutkan pendidikan, antara mendaftar di universitas, sekolah tinggi, institut, akademi, atau politeknik.

Read More

Meski sama-sama jenjang pendidikan tinggi, tapi 4 lembaga pendidikan tinggi itu memiliki arti dan tujuan berbeda bagi para mahasiswa. Hal ini juga sesuai kategori yang ditetapkan UU No. 22 Tahun 1961 tentang Perguruan Tinggi.

Berikut ini penjelasan pengertian dan perbedaan universitas, sekolah tinggi, institut, akademi, dan politeknik mengutip Ruang Guru, Rabu (16/3/2022).

1. Universitas

Baca Juga:
Jokowi: Semua Negara Pusing Gara-gara Pandemi, Makin Pusing Ditambah Perang

Universitas merupakan jenis pendidikan tinggi yang menyediakan rumpun ilmu paling luas dibanding jenis pendidikan tinggi lainnya.

Universitas terbagi ke dalam sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan Akademik (terfokus pada pengembangan ilmu) dan Vokasi (terfokus pada keahlian bidang terapan/kerja).

Setiap fakultas akan menyediakan program atau jurusan. Misalnya di Fakultas Teknik ada jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan sebagainya.

Universitas diminati oleh peserta didik yang ingin mengincar gelar akademik berkelanjutan seperti S1, S2, S3 atau sarjana, magister, doktor, guru besar yang disebut profesor, atau menjadi peneliti.

2. Sekolah Tinggi

Baca Juga:
Epidemiolog Minta Pemerintah Tetap Maksimalkan 3T Meski Pelonggaran Menuju Endemi Sudah Dimulai

Sekolah tinggi adalah kegiatan yang mencakup pendidikan akademik atau profesi satu bidang ilmu, sehingga lebih spesifik. Misalnya Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) atau Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG).



#Perbedaan #Universitas #Sekolah #Tinggi #Institut #Akademi #dan #Politeknik

Sumber : www.suara.com

Related posts