PDIP Buka Peluang Koalisi Bareng Gerindra, Dasco: Ngalir Saja Ikuti Dinamika

PDIP Buka Peluang Koalisi Bareng Gerindra, Dasco: Ngalir Saja Ikuti Dinamika

Duffytheseaturtle.com – Partai Gerindra menerima baik PDI Perjuangan yang membuka peluang untuk berkoalisi dengan Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut kalau saat ini Gerindra bersikap terbuka untuk bekerja sama dengan semua partai.

Read More

“Ya, pada dasarnya Partai Gerindra menerima dengan baik. Dari banyak partai atau beberapa partai yang kita juga mau bekerja sama dalam bersama-sama menghadapi Pemilu,” kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Kendati terbuka dengan semua partai, Gerindra belum memulai langkah penjajakan dengan PDIP menyusul adanya peluang untuk berkoalisi.

“Ya, ini kita ikutin mengalir saja deh. Itu namanya juga dinamika masih akan terus, dinamika politik terus berjalan dan situasi menjelang pemilu biasanya akan penuh dengan dinamika, ya, kita ikuti saja,” kata Dasco.

Baca Juga:
Bingung Paket Diterima oleh Penerima Asing, Foto Bukti Pengirimannya Tak Terduga

Sebelumnya Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani memberikan tanggapan soal peluang partainya menjajaki kerja sama politik dengan partai politik lain untuk menghadapi Pemilu 2024. Termasuk PKB dan Gerindra yang tengah menjajaki komunikasi.

Puan mengatakan kalau PDIP tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan dua partai tersebut dalam Pemilu 2024.

“Ya, mungkin saja,” kata Puan saat ditemui di sela-sela Rakernas kedua PDIP, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022).

Ketua DPR RI tersebut kemudian mengingatkan soal apa yang pernah disampaikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terutama dalam membangun Indonesia yang memang tidak bisa berjalan sendiri.

Puan menyampaikan, Megawati membutuhkan kerja sama antar partai politik untuk pembangunan Indonesia ke depan.

Baca Juga:
7 Fakta Menarik Clickworker: Syarat dan Cara Daftar Aplikasi Buat Cari Kerja Online

“Ibu ketum tadi mengatakan membangun Indonesia tidak bisa sendirian, harus gotong royong,” tuturnya.

Lebih lanjut, Puan juga mengutip juga pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi soal membangun Indonesia. Di mana, Jokowi menyebut kalau membangun Indonesia harus saling bahu membahu di antara semua pihak, termasuk antar partai politik.

“Presiden juga menyatakan seperti itu, harus bisa bantu membantu membangun Indonesia.”

Gerindra-PKB Sepakat Koalisi

PKB dan Gerindra sepakat untuk bekerja sama menghadapi pemilihan presiden dan pemilihan kepala daerah yang digelar serentak pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Jalinan kerja sama itu terungkap usai Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin bertandang ke kediaman Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto di Kartanegara, Jakarta Selatan pada Sabtu (18/6/2022) malam.

“Alhamdulillah kami sudah mencapai titik-titik pertemuan, titik-titik kerja sama, titik-titik kesepakatan. Di mana kami secara garis besar menyatakan keinginan kami masing-masing untuk bersama-sama, bekerja sama dengan erat untuk menghadapi tanggung jawab kenegaraan tersebut, yaitu Pilpres (pemilihan presiden), Pileg (pemilihan legislatif), dan Pilkada (pemilihan kepala daerah) tahun 2024,” papar Prabowo.

Kata dia, kerja sama Gerindra dengan PKB sebagai tanggung jawab mereka sebagai partai yang besar untuk menghadapi Pemilu Serentak.

“Ini suatu tugas kenegaraan yang sangat serius, sangat penting, dan kami sebagai ketua umum partai yang punya konstituen dan pengikut yang cukup besar, tentunya kami sadar akan tanggung jawab tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Cak Imin mengaku bersyukur dengan jalinan kerja sama antara PKB dengan Gerindra.

“Alhamdulillah malam ini semakin menguat kerja sama itu. Sampai pada kesimpulan yang disampaikan Pak Prabowo bahwa PKB dan Gerindra siap bekerja sama secara utuh menyeluruh menjelang dan menyiapkan Pilpres, Pileg dan Pilkada di 2024,” ujar Cak Imin.

Dia pun berharap kerja sama mereka dapat diikuti partai politik lain, guna menyukseskan Pemilu Serentak 2024.



#PDIP #Buka #Peluang #Koalisi #Bareng #Gerindra #Dasco #Ngalir #Saja #Ikuti #Dinamika

Sumber : www.suara.com

Related posts