Orang Tua berhati-hatilah, ini 10 Kebiasaan Buruk Merusak Ginjal Anak

Orang Tua berhati-hatilah, ini 10 Kebiasaan Buruk Merusak Ginjal Anak

Deli.suara.com – Kerusakan ginjal tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa saja, namun ternyata juga bisa dialami anak-anak. Dikutip dari kemkes.co.id, ginjal merupakan organ vital dalam tubuh yang berfungsi sebagai organ ekskresi dalam tubuh yang berbentuk mirip kacang dan terletak dibelakang perut atau abdomen.

Diketahui ginjal terletak di kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpa. Karena pentingnya fungsi ginjal, maka penting untuk mengetahui kebiasaan apa saja yang bisa merusak ginjal, khususnya pada anak.

Melansir cnnindonesia.com dari berbagai sumber, berikut beberapa kebiasaan yang dapat merusak ginjal anak:

1. Terlalu banyak makan gula

Baca Juga:Kecewa Pada Lesti Kejora Cabut Laporan KDRT, Hotman Paris Singgung Keberanian Istri

Kadar gula darah di atas 180 mg/dl menyebabkan ginjal mengeluarkan gula dalam urine. Artinya, pada kondisi diabetes, kelebihan gula dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Jadi, orang tua disarankan untuk terlalu banyak memberikan makanan dan minuman manis pada anak agar ginjal tetap sehat.

2. Sering makan yang asin-asin

Sering menggunakan garam secara berlebihan dalam makanan dapat menimbulkan ancaman bagi ginjal. Mengonsumsi terlalu banyak makanan asin tak hanya menghasilkan beban natrium yang berlebihan, tetapi juga menyebabkan hipertensi.

3. Kurang minum air

Baca Juga:Menkominfo: TV Nasional Diminta Aktif Sukseskan Perpindahan ke TV Digital

Asupan air yang rendah juga merupakan salah satu alasan utama berkembangnya batu ginjal. Dehidrasi merupakan salah satu penyebab utama penyakit ginjal.

Faktanya, mengonsumsi jumlah air yang cukup dapat membantu ginjal mengeluarkan natrium dan racun dari tubuh. Biasakan anak untuk meminum air sebanyak 5 gelas untuk usia 1-3 tahun dan 6-7 gelas untuk anak usia 4-8 tahun.

4. Kurang tidur

Rendahnya kualitas tidur juga bisa memicu masalah pada ginjal. Tidur adalah waktu yang penting bagi ginjal untuk meregenerasi jaringan yang rusak.

Siklus tidur-bangun yang buruk tidak hanya merusak ginjal, tetapi juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan aterosklerosis, yang pada gilirannya dapat menyebabkan penurunan aliran darah ginjal.

Anjurkan anak untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari yaitu 9-12 jam setiap malam.

5. Sering konsumsi makanan olahan

Makanan olahan sarat dengan natrium dan fosfor. Penderita penyakit ginjal harus menahan diri dari kebiasaan konsumsi makanan kemasan karena dapat merusak ginjal dan juga tulang.

6. Sering menahan kencing

Kandung kemih yang penuh dapat memberi tekanan pada ginjal dan menyebabkan kerusakan. Tidak hanya itu, menyimpan urine di kandung kemih dalam waktu yang lama dapat menciptakan situasi yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Kondisi ini pada akhirnya dapat menyebabkan infeksi yang dapat menyebar ke ginjal.

7. Jarang terpapar matahari

Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit ginjal. Cukup jemur anak selama 10-15 menit sehari sebelum jam 10 pagi untuk memenuhi kebutuhan vitamin D anak harian.

8. Terlalu sering minum soda

Banyak meneguk minuman bersoda yang mengandung asam fosfat yang dapat menyebabkan keropos tulang dari waktu ke waktu. Diet tinggi fosfor juga berpotensi menyebabkan kerusakan pada ginjal.

9. Terlalu banyak konsumsi protein

Konsumsi protein yang tinggi dapat menyebabkan asidosis yang berbahaya untuk ginjal. Berikan anak pola makan yang seimbang dengan sayuran untuk menghindari kerusakan pada ginjal.

10. Duduk dalam Waktu Lama

Duduk dalam waktu lama dikaitkan dengan perkembangan penyakit ginjal. Namun peneliti belum mengetahui mengapa atau bagaimana waktu tetap atau aktivitas fisik berdampak dengan ginjal.

Itu tadi 10 Kebiasaan Buruk Merusak Ginjal Anak, semoga para orang tua menghindarinya. 

#Orang #Tua #berhatihatilah #ini #Kebiasaan #Buruk #Merusak #Ginjal #Anak

Sumber : deli.suara.com

Related posts