Mulai dari Geblek sampai Dawet Sambel, Yuk Intip 5 Kuliner Khas Kulonprogo

Mulai dari Geblek sampai Dawet Sambel, Yuk Intip 5 Kuliner Khas Kulonprogo

Duffytheseaturtle.com – Bicara soal wisata, tentu tak lepas dari aneka kuliner khas yang wajib dicoba. Umumnya, setiap daerah pun memiliki makanan khas yang sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung.

Saat Anda memutuskan untuk mengunjungi Kulonprogo, ada sejumlah kuliner yang wajib Anda coba. Mulai dari makanan ringan hingga santapan berat, Kulonprogo memiliki daya tarik tersendiri pada kulinernya.

Kuliner khas Kulonprogo ini umumnya memiliki cita rasa unik dan masih sangat tradisional. Setiap makanan juga memiliki rasa khas yang sayang untuk dilewatkan.

Duffytheseaturtle.com telah merangkum 5 makanan khas Kulonprogo yang patut dicoba. Yuk kita simak!

Baca Juga:
7 Makanan Khas Lampung, Rasanya Enak dan Mantap Semua

1. Geblek

Ilustrasi geblek (Suara/Hiromi)

Untuk makanan ringan, salah satu yang sangat populer di sana adalah geblek. Tampilan geblek sekilas memang mirip cireng dari Jawa Barat, namun sebenarnya cukup berbeda.

Geblek menggunakan bahan utama pati singkong yang diuleni hingga menjadi adonan yang kalis. Santapan tradisional ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa gurih yang ringan di lidah.

2. Sengek

Ilustrasi tempe sengek (Suara/Hiromi)
Ilustrasi tempe sengek (Suara/Hiromi)

Tak ketinggalan ada sengek yang terbuat dari tempe benguk atau kacang koro. Tempe benguk akan diolah dengan cara menambahkan santan sehingga hasil yang didapatkan terasa lebih gurih.

Baca Juga:
Cicipi Pempek untuk Pertama Kali, Influencer Bule Ini Kaget Pas Tahu Bahan Bakunya

3. Nuk Santri

Ilustrasi nuk santri (Suara/Hiromi)
Ilustrasi nuk santri (Suara/Hiromi)

Kemudian ada pula sajian nuk santri yang disajikan di sebuah tambir untuk sekitar 10 orang. Kuliner ini awalnya hanya disajikan saat upacara adat di Desa Purwosari yang ada di Kulonprogo.

Nuk santri umumnya berisi nasi yang dibungkus daun pisang, sayur oseng buah pepaya muda, telur bacem, tempe goreng garit, tahu bacem, dan gudhangan. Gudhangan merupakan rebusan sayuran yang diberkan parutan kelapa.

4. Nasi Berkat

Ilustrasi nasi berkat (Suara/Hiromi)
Ilustrasi nasi berkat (Suara/Hiromi)

Nasi berkat ini memiliki rasa yang gurih dan dikemas menggunakan daun jati agar aroma lebih harum dan menambah rasa nikmat.

Lauk di nasi berkat ini pun tak jauh berbeda dengan sajian nuk santri. Ada telur dan tempe bacem, mi gurih, tahu putih, serundeng, nangka muda, irisan daging ayam, serta lauk nikmat lainnya.

5. Dawet Sambel

Ilustrasi Dawet Sambel (Suara/Hiromi)
Ilustrasi Dawet Sambel (Suara/Hiromi)

Makanan ini sangat unik lantaran memadukan rasa manis dan pedas menjadi satu. Kuliner ini menggunakan dawet yang terbuat dari tepung ganyong lalu ditambahkan tauge serta sambal kacang. Super unik!

Itulah 5 kuliner khas Kulonprogo yang wajib kamu coba saat berkunjung. Menarik, kan?



#Mulai #dari #Geblek #sampai #Dawet #Sambel #Yuk #Intip #Kuliner #Khas #Kulonprogo

Sumber : www.suara.com

Related posts