Makanan Masih Panas Jangan Main Sikat Saja, Kata dr.Zaidul Akbar Bisa Bikin Bahaya Jangka Panjang

Makanan Masih Panas Jangan Main Sikat Saja, Kata dr.Zaidul Akbar Bisa Bikin Bahaya Jangka Panjang

SuaraCianjur.id- Menurut dr.Zaidul Akbar menyantap langsung makanan  dalam kondisi yang masih panas adalah hal yang tidak baik dan membahayakan bagi kesehatan tubuh.

Read More

Termasuk mengkonsumsi makanan atau minuman jenis apapun, dalam kondisi panas sangat tidak dianjurkan.

Menurut dr.Zaidul Akbar, hal itu bisa memicu bahaya jangka panjang termasuk berpotensi menjadi kanker. Bahkan meniup makanan atau minuman dikala kondisi panas juga menyehatkan.

Hal tersebut disampaikan oleh dr.Zaidul Akbar dalam dakwahnya, seperti dikutip dari kanal YouTube Bisikan.com, Mingu (9/10/2021).

Baca Juga:Kata Zoya Amirin Penting Buat Suami Tahu Ketika Istri Orgasme, Kayak Ada Remas-remas Gitu di Anunya

Dalam kesempatan tersebut, dr.Zaidul Akbar memberikan uraian terhadap beberapa alasan soal kenapa meniup makanan yang masih panas bisa membahayakan kesehatan.

Menurutnya pertama, jika meniup makanan dalam kondisi panas bisa mengalami perubahan reaksi gas.

“Makanan-makanan yang sedang panas itu ditiup akan terjadi perubahan reaks gas. Jadi muncul co2 ketika uapnya itu ketemu dengan oksigen, nanti bisa berubah masuk menjadi bagian dari makanan tadi dan itu tidak baik untuk kesehatan,” terang dr.Zaidul Akbar.

Kemudian dr.Zaidul Akbar juga menerangkan bahwa makanan yang baik itu memang tidak boleh dikonsumsi, dalam kondisi masih panas. Hal ini mengingat adanya perubahan suhu gas.

“Jadi memang makan yang baik itu tidak boleh dalam kondisi panas, itu yang pertama dari perubahan struktur gasnya,” terang dr.Zaidul Akbar.

Baca Juga:Polisi Imbau Massa Ricuh yang Lakukan Pembakaran dan Perusakan di Luar Stadion Kanjuruhan Serahkan Diri

Selain itu menurutnya makanan panas juga bisa merusak mukosa mulut, bagian yang lembut dalam mulut. Lebih lanjut dr.Zaidul Akbar menjelaskan tentang mukosa.

Bagian ini terdapat pada langit-langit dalam mulut, merupakan kulit yang strukturnya bisa berubah apabila terkena suhu panas.

“Jadi mukosa itu bagian yang lembut, kalau kita lihat mukosa itu kayak bagian langit-langit itu mukosa namanya. Jadi ketika dia kena panas bisa merubah strukturnya,” terang dr.Zaidul Akbar.

Selain bahaya meniup makanan panas, dr.Zaidul Akbar juga turut menyampaikan soal bahaya kalau mengkonsumsi makanan yang masih panas, karena dapat memicu kanker.

“Jadi makan panas itu kalau orang sering-sering banget makan panas bisa memicu kanker,” terangnya.

Dalam hal ini, dr.Zaidul Akbar menyinggung kebiasaan orang ketika menyantap bakso, dengan kuah panas ditambah dimasukan ke dalam plastik.

“Justru yang lebih menyedihkan kalau teman-teman tetap pengen makan bakso, masih suka bakso? kalau saya sih mulai mikir makan bakso kecuali bakso sehat sih ya,” kata dr.Zaidul Akbar.

“Pernah mikir nggak ketika kuahnya yang panas itu masuk dimasukkan ke dalam plastik, serem lo itu panas ketemu plastik meskipun plastiknya food great. Kalau saya mikir, kalau tetap pengen makan bakso mendingan saya bawa rantang dari rumah,” sarannya.

#Makanan #Masih #Panas #Jangan #Main #Sikat #Saja #Kata #drZaidul #Akbar #Bisa #Bikin #Bahaya #Jangka #Panjang

Sumber : cianjur.suara.com

Related posts