Kuliner di Purwokerto yang Wajib Dicoba

Kuliner di Purwokerto yang Wajib Dicoba

Poptren.suara.com – Mengunjungi Purwekerto tidak lengkap rasanya tanpa mencoba beragam kuliner khas Kota Satria ini. Beragam kuliner ditawarkan mulai yang sering terdengar di hingga yang asing bisa kalian temui.

Read More

Purwokerto juga tidak hanya terkenal dengan Tempe Mendoannya saja. Masih banyak kuliner lain yang tentunya masih bisa di temui saat berkunjung ke ibu kota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini.

Berikut redaksi purwokerto.suara.com merangkum kuliner yang bisa kalian coba saat berkunjung ke Purwokerto.

1. Soto Sokaraja

Kuliner soto dapat ditemui disetiap daerah di Indonesia. Namun, soto di setiap daerah itu memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Jika di Bayuwangi ada rujak soto, Purwokerto juga memiliki soto yang disebut dengan Soto Sokaraja.

Terbuat dari kuah kaldu daging sapi dengan ekstral rasa kacang di dalamnya membuat kudapan itu memiliki rasa yang khas. Soto Sokaraja biasanya disajikan bersama ketupat dengan tambahan kerupuk sebagai topingnya.  

2. Combro

Serlain Soto, Purwokerto juga memiliki Combro, jajanan ini merupakan salah satu makanan yang terbuat dari bahan dasar singkong dengan isian oncom atau tempe yang sudah dihaluskan. Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih dan pedas.

Saat berkunjung ke Purwokerto  jajanan ini banyak sekali dijumpai sepanjang jalan. Combro khas Purwokerto memiliki perbedaan dengan yang ada di wilayah lain yaitu berbentuk lonjong dan terbuat dari singkong yang diparut lalu dihilangkan kandungan airnya. Bahkan saat ini tersedia keripik combro agar bisa disimpan lebih lama.

3. Lumpia Boom

Tidak hanya Semarang, Purwokerto juga memiliki lumpia khas dengan perbedaan di ukuran yang cukup besar dengan isian yang lebih banyak. Lumpia Boom di Purwokerto biasa dijadikan sebagai lauk pauk bersama nasi, lalapan dan dilengkapi dengan sambal.

Makanan tersebebut memang kaya akan bahan-bahan makanan lain seperti berbagai sayuran dan telur. Bahkan saat ini, hadir dengan berbagai pilihan rasa seperti daging ayam, sapi, bakso, sosis, nugget, ati, jamur, udang, cumi, sampai dengan keju.

4. Kraca

Kraca merupakan salah satu makanan khas yang unik di Purwokerto, Kraca sendiri merupakan kuliner yang juga dikenal dengan nama keong kuah pedas. Keong-keong kecil itu  diolah dengan menggunakan berbagai bumbu dan juga rempah.

Proses pengolahan hewan berjenis siput air itu direbus 4-5 jam dan barulah dimasak dengan rempah-rempah. Jadi inilah yang membuat cita rasanya semakin gurih dan teskturnya yang lunak biasanya dimasak dengan bumbu kuah pedas. Kraca itu mudah ditemukan di pinggiran jalan di daerah Purwokerto utamanya saat bulan Ramadhan.

5. Sate Suhada

Jika pada tulisan sebelumnya di Situbondo memiliki kuliner khas Sate Lalat, Purwokerto pun tidak kalah. Sate Suhada juga menjadi kuliner purwokerto lainnya yang patut dicoba. Sate Suhada tersebut terbuat dari potongan daging kambing yang mempunyai cita rasa lezat dan menggugah selera.

Daging kambing yang digunakan adalah daging kambing muda sehingga membuat dagingnya akan terasa sangat empuk.

#Kuliner #Purwokerto #yang #Wajib #Dicoba

Sumber : poptren.suara.com

Related posts