Ketiak Bukan Satu-satunya Sumber Bau Badan, 3 Bagian Ini juga Bisa Menguarkan Aroma Tak Sedap

Ketiak Bukan Satu-satunya Sumber Bau Badan, 3 Bagian Ini juga Bisa Menguarkan Aroma Tak Sedap

Duffytheseaturtle.com – Bau badan dapat terjadi pada siapa saja dan bisa membuat siapa saja tidak nyaman. Apabila baunya sangat menyengat, berarti ada kondisi yang perlu diperhatikan.

“Anda ‘berutang’ pada diri sendiri (dan orang di sekitar Anda) untuk mengidentifikasi penyebabnya secepat mungkin dan lakukan perawatan yang tepat,” jelas apoteker utama Giulia Guerrini dari Digital Pharmacy Medino, Inggris.

Read More

Kepada The Sun, Giulia mengungkap tiga sumber bau di badan yang harus diwaspadai:

1. Smegma

Baca Juga:
Bau Mulut Saat Berpuasa? Hilangkan dengan Cara Ini

Bau badan tidak hanya bersumber pada ketiak saja, tetapi juga aroma yang keluar dari organ intim.

Smegma merupakan bercak putih bertekstur seperti bubur atau keju yang berada di lipatan kulit penis atau kulup maupun lipatan labia atau sekitar klitoris.

Bercak ini berasal dari penumpukan minyak, sel kulit mati, serta keringat.

“Ini akibat pria yang tidak disunat tidak mencuci area di bawah kulupnya dengan cukup baik. Laki-laki dan perempuan harus mencuci alat kelamin mereka setidaknya sekali sehari dengan air hangat,” jelas Giulia.

Ia juga memperingatkan wanita jika ingin membersihkan area intimnya menggunakan sabun khusus untuk melakukannya di bagian luar saja (vulva), bukan bagian dalam.

Baca Juga:
Penyebab Bau Mulut Selama Berpuasa dan Cara Mengatasinya

“Untuk menghindari iritasi yang dapat merusak keseimbangan pH dan menyebabkan infeksi jamur,” sambungnya terkait penggunaan sabun organ intim wanita.

Ilustrasi bau kaki. (Shutterstock)

2. Bau kaki

Kaki merupakan ‘surga’ bagi bakteri. Terutama pada orang yang sering memakai sepatu dan kaos kaki.

“Ada 250.000 kelenjar keringat di kaki kita, yang merupakan rasio kelenjar per inci persegi yang lebih banyak dari tempat lain di tubuh. Semakin banyak sel kulit yang bisa dimakan bakteri, semakin menyebar,” imbuh Giulia.

Ia menyarankan untuk mengindari sepatu yang tidak memiliki ruang untuk bernapas, yang dapat membuat kaki mudah berkeringat.

3. Bau badan

Bau badan tidak hanya disebabkan oleh kebersihan yang buruk.

“Perubahan pola makan, lingkungan, hormon, dan obat-obatan juga dapat memicunya,” ungkap Giulia.

Kondisi ini juga sangat umum terjadi di masa pubertas.

“Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh bakteri yang memecah molekul protein dalam keringat Anda. Reaksi ini bisa terjadi dari atas ke bawah, dari belakang telinga, kaki, ketiak, hingga anus,” tambah Giulia.

Terkait hal ini, Giulia juga mengingatkan untuk memerhatikan gejala lain selain bau badan, seperti perubahan drastis pada keringat, keringat dingin, berkeringat secara tidak teratur, atau berkeringat di malam hari.

Sistem kesehatan Inggris NHA menuliskan bahwa penyebab paling umum keringat malam adalah gejala pra-menopause/menopause, obat-obatan tertentu (steroid, obat penghilang rasa sakit, dan antidepresan), kecemasan.



#Ketiak #Bukan #Satusatunya #Sumber #Bau #Badan #Bagian #Ini #juga #Bisa #Menguarkan #Aroma #Tak #Sedap

Sumber : www.suara.com

Related posts