Ketahui Gejala Pendarahan Otak, dari Sakit Kepala hingga Kejang

Ketahui Gejala Pendarahan Otak, dari Sakit Kepala hingga Kejang

Duffytheseaturtle.com – Pendarahan otak adalah pendarahan di dalam atau di sekitar otak baik sebagai akibat dari pecahnya aneurisma atau setelah pukulan yang signifikan di kepala. Ini juga sering disebut stroke hemoragik. Adapun gejala pendarahan otak akan dijelaskan di sini.

Diketahui, ada empat jenis perdarahan otak  diberi nama sesuai dengan tempat terjadinya perdarahan. Adapun jenis-jenisnya yaitu Perdarahan subdural, Perdarahan ekstradural, Perdarahan subarachnoid, dan Perdarahan intraserebral. 

Read More

Perdarahan subdural dan ekstradural adalah jenis yang paling umum dan merupakan penyebab kerusakan otak lebih lanjut yang dapat menyebabkan efek jangka panjang. Sedangkan, perdarahan subarachnoid dan intraserebral lebih mungkin terjadi secara spontan. Pembuluh darah kecil pecah, sering menyebabkan hilangnya kesadaran.

Terkadang pendarahan otak dapat terjadi setelah cedera kepala yang tampaknya ringan. Gejala dapat berkembang dengan cepat atau dapat memakan waktu beberapa minggu untuk berkembang. Diagnosis dan pengobatan tentu harus segera dilakukan.

Baca Juga:
Sakit Kepala Biasa vs Tanda Meningitis, Kenali Perbedaan Gejalanya!

Gejala Pendarahan Otak

Ada beberapa gejala yang penting untuk diketahui pada penderita pendarahan otak. Melansir dari sejumlah sumber, adapun gejala umumnya yaitu sebagai berikut:

  • Sakit kepala parah yang tiba-tiba datang
  • Muntah
  • Kebingungan (delirium)
  • Pingsan
Ilustrasi otak manusia (Elements Envato)

Namun, gejala yang disebutkan di atas tidam selalu dialami penderita pendarahan otak. Gejala yang ditimbulkan juga tergantung dengan lokasi terjadinya perdarahan. Misalnya, pendarahan terjadi pada bagian otak yang terhubung dengan penglihatan, maka gejala yang muncul yaitu  mengalami gangguan penglihatan. Adapun gejala lainnya yang mungkin dialami pasien perdarahan otak yaitu sebagai berikut:

  • Kejang  mendadak
  • Gangguan koordinasi dan keseimbangan
  • Kesulitan menelan

Sedangkan pendarahan otak yang terjadi pada bagian batang atau bawah otak, gejala yang dialami pasien yaitu mengalami koma,  yang dapat memicu gagal napas. Jika pendarahan otak terjadi pada bagian tengah bicara, pasien dapat mengalami kesulitan berbicara.

Demikian informasi mengenai gejala pendarahan otak. Pendarahan otak adalah keadaan darurat medis serius yang harus lekas ditangani unit gawat darurat atau layanan medis. Jika pendarahan otak memicu koma atau sulit bernapas, penderita harus mendapatkan tindakan intubasi guna memberikan pernapasan buatan .

Baca Juga:
9 Penyebab Kepala Terasa Berat yang Perlu Diwaspadai

Selain itu, pemasangan infus berisi cairan serta obat-obatan juga diperlukan. Apabila  kondisi pasien memburuk, maka pasien pendarahan otak harus dipantau ketat oleh dokter di bagian unit perawatan intensif rumah sakit.



#Ketahui #Gejala #Pendarahan #Otak #dari #Sakit #Kepala #hingga #Kejang

Sumber : www.suara.com

Related posts