Ketahui 7 Makna Seserahan Pernikahan, Mulai dari Alat Salat hingga Makanan

Ketahui 7 Makna Seserahan Pernikahan, Mulai dari Alat Salat hingga Makanan

Duffytheseaturtle.com – Salah satu perkara penting yang perlu disiapkan menjelang pernikahan adalah seserahan. Lebih dari sekedar hadiah, makna seserahan pernikahan tentu lebih mendalam.

Barang diberikan dalam seserahan biasanya merupakan simbol atas harapan kehidupan rumah tangga ke depannya. Jenis dan isi seserahan umumnya juga berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak supaya nantinya benar-benar bisa dimanfaatkan.

Read More

Apa saja barang yang biasanya jadi seseran dan seperti apa maknanya? Berikut beberapa di antaranya.

Ilustrasi seserahan (Unsplash)

1. Alat dan perlengkapan salat

Baca Juga:
Apa Itu Fitting Baju? Perhatikan 5 Tips Berikut sebelum Hari Pernikahan

Bagi pengantin muslim, ini tidak boleh dilewatkan. Seserahan alat salat mewakili harapan supaya calon mempelai selalu taat melaksanakan ibadah sesuai ajaran Allah SWT. Ini juga bermakna bahwa rumah tangga yang akan dibangun berlandaskan agama kuat.

2. Pakaian

Jika mengusung adat Jawa, tidak jarang seserahan pakaian berisi kebaya dan kain jarik. Namun, ini umumnya bisa berupa pakaian kerja, pakaian tidur, hingga pakaian. Harapannya, pasangan yang menikah nantinya dapat membina rumah tangga dengan baik dan sejahtera.

3. Makeup dan Skincare

Isi seserahan makeup dan skincare biasanya juga disesuaikan dengan kebutuhan calon mempelai wanita. Makna seserahan pernikahan satu ini adalah harapan agar sang wanita bisa selalu merawat dirinya dengan baik. Pria mana yang tidak suka melihat istrinya cantik?

Baca Juga:
Calon Pengantin Wajib Tahu, Hindari 6 Kesalahan Penggunaan Skincare Agar Tampil Menawan

4. Alas Kaki

Alas kaki yang dijadikan seserahan bisa sangat beragam, mulai dari sepatu hingga sandal aneka model. Seserakan ini punya makna bahwa kedua calon mempelai segera menjalani kehidupan bersama.

Ilustrasi sabun mandi (Shutterstock)

5. Peralatan Mandi

Biasanya ini berisi sabun, sampo, sabun cuci muka, odol, sikat gigi, dan handuk. Merek yang dipilih pun biasanya menyesuaikan dengan kebutuhan wanita. Dengan seserahan ini, harapannya calon mempelai wanita bisa selalu menjaga kebersihan, baik lahir maupun batin.

6. Perhiasan

Biasanya terdiri dari kalung, anting, gelang, liontin, atau sesuai dengan permintaan calon mempelai wanita. Ini mengandung harapan supaya pengantin wanita selalu bersinar sepanjang hidupnya.

7. Makanan

Seserahan makanan biasanya berbentuk jajanan pasar seperti wajik, kue lapis, lemper, dan lainnya. Jenis makanan yang dipilih umumnya bertekstur lengket dan manis.

Makna seserahan pernikahan ini pun sangat manis. Ini adalah simbol dari harapan agar pasangan pengantin bisa selalu lengket, begitu pula dengan keluarga besar keduanya.



#Ketahui #Makna #Seserahan #Pernikahan #Mulai #dari #Alat #Salat #hingga #Makanan

Sumber : www.suara.com

Related posts