Kasus Kematian Prada Indra Akan Jadi Perhatian dalam Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Kasus Kematian Prada Indra Akan Jadi Perhatian dalam Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Duffytheseaturtle.com – Anggota Komisi I DPR RI, TB Hasanuddin mengatakan bahwa kasus meninggalnya seorang anggota Komando Operasi Udara (Koopsud) III bernama Prada Mochamad Indra Wijaya akan jadi perhatian dalam uji kepatutan dan kelayakan atau Fit and Proper Test calon Panglima TNI nanti.

“Ada jadi nanti lah (perhatian di Fit And Proper),” kata Hasanuddin saat dihubungi, Kamis (24/11/2022).

Hasanuddin menilai, tindak kekerasan atau penyiksaan terhadap perwira TNI tidak dibenarkan. Terlebih, diduga Prada Indra menjadi korban tindak kekerasan dari seniornya.

“Penyiksaan gak benarlah, gak boleh melakukan penyiksaan seperti itu ya, apalagi dilakukan oleh seorang seniornya,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia berharap, ke depan tak boleh lagi terjadi tindak kekerasan sesama perwira TNI atau senior dengan junior. Penegakan displin penting, namun tidak dengan cara kekerasan.

“Tidak boleh terjadi lagi lah, jadi menjadi perhatian untuk para pejabat di TNI ya untuk tetap menegakkan disiplin. Disiplin ditegakan dengan cara persuasif tapi tidak dengan cara kekerasan,” jelasnya.

Lima Masalah

Sebelumnya, Hasanuddin membeberkan sejumlah hal yang akan terjadi dalam uji kepatutan dan kelayakan atau Fit And Proper Test calon Panglima TNI di DPR RI.

Menurutnya, akan ada lima masalah yang dipertanyakan Komisi I DPR RI dalam uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI baru pengganti Jenderal Andika Perkasa.

Pertama, kata Hasanuddin, bagaimana upaya Panglima TNI menjaga dan meningkatkan disiplin para prajurit TNI. Menurutnya, berdasarkan data yang ada akhir-akhir ini sedikit menurun.



#Kasus #Kematian #Prada #Indra #Akan #Jadi #Perhatian #dalam #Fit #Proper #Test #Calon #Panglima #TNI

Sumber : www.suara.com

Related posts