Kanker Testis Berisiko Serang Pria Muda, Kenali Gejalanya!

Kanker Testis Berisiko Serang Pria Muda, Kenali Gejalanya!

Duffytheseaturtle.com – Kanker testis terjadi ketika tempat sel-sel abnormal di testis mulai tumbuh. NHS mengatakan kanker testis cenderung mempengaruhi pria yang lebuh muda dibandingkan kanker lainnya.

Meskipun secara keseluruhan relatif lebih jarang, kanker tetis adalah jenis kanker paling umum yang menyerang pria berusia antara 15 hingga 49 tahun.

Read More

Bahkan, pria kulit putih lebih berisiko tinggi menderita kanker testis dibandingkan pria dari kelompok etnis lain.

Jas Kalsi, Konsultan Urologi dan Pakar Kesuburan Pria di Rumah Sakit Cromwell mengatakan tubuh yang lebih tinggi pun merupakan faktor risiko kanker testis.

Baca Juga:
Hepatitis Akut Berkaitan dengan Vaksin Covid-19? IDAI Beri Penjelasan

“Beberapa penelitian telah menemukan bahwa pria¬† bertubuh tinggi memiliki risiko kanker testis lebih tinggi, tapi ada beberapa penelitian yang menentangnya,” kata American Cancer Society dikutip dari Express.

Ilustrasi testis, kanker testis, penis (Pixabay/derneumann)

Sebagian besar penelitian ini belum menemukan hubungan antara kanker testis dan berat badan. , Cancer Research UK mengatakan ada bukti bahwa pria yang lebih tinggi rata-rata memiliki risiko kanker testis yang lebih tinggi, dibandingkan pria bertubuh pendek.

“Risiko Anda terkena kanker testis tergantung pada banyak faktor yang berbeda, termasuk apakah Anda merokok, menjalani gaya hidup sehat, riwayat keluarga kanker dan faktor lingkungan,” kata Jas Kalsi.

Ia mengatakan faktor risiko lain termasuk testis yang tidak turun di masa lalu atau sekarang, atau pernah menderita kanker testis sebelumnya atau riwayat keluarga yang kuat.

“Kita tahu bahwa pria sering kali sulit untuk membuka diri tentang kesehatan seksual mereka, terutama ketika berhubungan seks. Tapi, mencari bantuan medis segera mungkin kanker testis lebih cepat terobati,” jelasnya.

Baca Juga:
Serang Anak-anak, Hepatitis Akut Misterius Tak Dikaitkan dengan Vaksin Covid-19

Bila Anda menemukan adanya benjolan atau perubahan pada buah zakar, segera periksakan ke dokter umum untuk mendapatkan pemeriksaan lengkap dan perawatan medis terbaik.

Gejala paling umum dari kanker testis adalah benjolan atau pembengkakan di salah satu testis, testis yang semakin besar, skrotum yang berat atau rasa tidak nyaman atau nyeri pada testis atau skrotum.

Tapi, gejala kanker testis itu bisa jadi gejala kondisi lainnya. Karena itulah, Anda tetap harus konsultasi dengan dokter.

Jika kanker testis telah menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda, Anda mungkin juga mengalami gejala lain. NHS mengatakan kanker testis adalah salah satu jenis kanker yang paling dapat diobati. Jadi, kenali gejalanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Kanker #Testis #Berisiko #Serang #Pria #Muda #Kenali #Gejalanya

Sumber : www.suara.com

Related posts