Jerawat Mengganggu Penampilan, Dokter Kulit Bagikan Cara Eksfoliasi Kulit yang Benar

Jerawat Mengganggu Penampilan, Dokter Kulit Bagikan Cara Eksfoliasi Kulit yang Benar

Duffytheseaturtle.com – Jerawat yang mengganggu penampilan perlu diatasi dengan eksfoliasi kulit. Bagaimana cara melakukannya yang benar? Simak tips dari dokter kulit ini.

Eksfoliasi atau exfoliating adalah tindakan pengelupasan sel kulit mati di permukaan kulit terluar seperti wajah, leher, engan hingga kaki.

Read More

Tapi menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Arini Astasari Widodo, Sp.KK saat kulit berjerawat dan sedang meradang tidak disarankan lakukan exfoliasi, karena alih-alih kulit bersih, tindakan ini hanya membuat kulit dan jerawat semakin meradang.

Ilustrasi melakukan eksfoliasi kulit wajah (Pexels/Polina Kovaleva)

“Saat berjerawat saya tidak menyarankan untuk exfoliating, apalagi kalau jerawatnya lagi meradang, karena kan kulit cenderung sensitif kalau lagi seperti itu,” ujar dr. Arini dalam acara peluncuran The Body Shop Edelweiss di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (6/10/2022).

Baca Juga:
5 Tanda Kulit Over Exfoliation, Begini Cara Mengatasinya

Meski begitu, kata dr. Arini, dalam kondisi jerawat meradang sebaiknya tetap membersihkan wajah dan menggunakan skincare rutin.

“Jadi biasanya saya meminta tetap menggunakan skincare, atau membersihkan kulit tapi dengan cara ditepuk atau diusap halus, agar tidak membuat kulit berjerawat semakin meradang,” paparnya.

Mengutip Hello Sehat, Kamis (6/10/2022) ada beberapa jenis eksfoliasi kulit wajah yang perlu diketahui, seperti sebagai berikut:

1. Eksfoliasi kimia (chemical peeling)

Chemical peeling bisa dikatakan sebagai eksfoliasi kimia karena menggunakan bahan kimia untuk memperbaiki tekstur kulit dengan mengangkat lapisan kulit paling atas.

Baca Juga:
Kenapa Kulit Wajah Berminyak dan Lembab Sering Timbul Jerawat? Ternyata Ini Penyebabnya

2. Eksfoliasi fisik (scrub)

Scrub untuk eksfoliasi wajah maupun badan biasanya terbuat dari bahan alami, mulai dari garam dan gula, oatmeal, hingga batu apung



#Jerawat #Mengganggu #Penampilan #Dokter #Kulit #Bagikan #Cara #Eksfoliasi #Kulit #yang #Benar

Sumber : www.suara.com

Related posts