Jangan Tunggu Gigi Copot! Dokter Gigi Ungkap Waktu Terbaik Ajak Anak Periksa Gigi Pertama Kali

Jangan Tunggu Gigi Copot! Dokter Gigi Ungkap Waktu Terbaik Ajak Anak Periksa Gigi Pertama Kali

Duffytheseaturtle.com – Dokter gigi mengatakan pemeriksaan gigi pertama anak tidak perlu menunggu saat gigi copot. Justru, semakin awal anak datang untuk pemeriksaan gigi, semakin baik.

Hal ini diungkap oleh Dokter Spesialis Kedokteran Gigi Anak drg. Eka Sabaty Shofiyah, Sp. KGA, yang merekomendasikan kunjungan pertama anak ke dokter gigi adalah ketika gigi anak telah tumbuh satu buah.

Read More

“Rekomendasi ke dokter gigi itu paling telat di usia satu tahun atau saat giginya sudah tumbuh satu, misalnya saat usia 6 bulan,” ujar Eka yang tergabung dalam Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI).

Tujuannya, untuk mencegah gigi bermasalah seperti berlubang pada kemudian hari, juga menghindari kondisi sakit gigi. Saat kunjungan pertama, dokter gigi biasanya memberikan edukasi pada orangtua termasuk perawatan gigi anak.

Baca Juga:
Kapan Sebaiknya Anak Pertama Kali Periksa ke Dokter Gigi? Ternyata Ini Waktu yang Tepat

ilustrasi gigi anak. (Shutterstock)

“Nanti ibu sudah tahu melakukan komponen penting kedua yaitu daily home care, setiap anak bisa ada modifikasi tergantung kebiasaan yang sudah terjadi, kondisi orangtua seperti apa,” kata Eka.

Saat itu juga, dokter gigi menilai kebiasaan sehat seperti apa yang mesti ditumbuhkan dan memeriksa kondisi gigi anak apakah kualitasnya bagus atau sudah ada tanda ketidaksempurnaan pembentukan.

“Kadang-kadang suka ada yang bilang, dok ini gigi sudah rapuh. Nah kondisi ini supaya kedepannya tidak terjadi, kita bisa nilai saat kunjungan pertama,” ujar dia.

Setelah kunjungan pertama, kontrol ke dokter gigi dilakukan rutin setiap enam bulan sekali untuk bisa mengetahui dini bila ada kondisi-kondisi yang mengarah pada gigi berlubang pada tahap yang sangat dini sehingga nantinya perawatan bisa dilakukan dengan nyaman.

Eka mengakui, sebagian orang merasa tegang saat harus mengunjungi dokter gigi, baik itu karena peralatan, bau yang aneh maupun alat pelindung diri (APD) yang kelihatannya lumayan seram.

Baca Juga:
Alasan Maudy Koesnaedi Selalu Jaga Kesehatan Gigi, Bukan Cuma untuk Penampilan Loh!

Jadi, apabila masalah gigi dapat ditemukan lebih awal, maka tindakan yang dilakukan tidak akan kompleks dan ini bisa menurunkan rasa takut atau khawatir khususnya anak.



#Jangan #Tunggu #Gigi #Copot #Dokter #Gigi #Ungkap #Waktu #Terbaik #Ajak #Anak #Periksa #Gigi #Pertama #Kali

Sumber : www.suara.com

Related posts