Jangan Garuk! Ini Cara Atasi Gatal pada Alat Kelamin Pria dengan Obat Alami

Jangan Garuk! Ini Cara Atasi Gatal pada Alat Kelamin Pria dengan Obat Alami

Suara Denpasar – Rasa gatal pada kelamin pria tentu membuat ketidaknyamanan. Biasanya, para pria mengobatinya dengan hanya menggaruk saja. Hal ini memang cara paling cepat namun dalam dunia medis, hal dianggap keliru.

Dalam YouTube FaisalCare Channel, menjabarkan lima cara yang efektif untuk mengobati rasa gatal. Sebelum lebih jauh, penis yang gatal dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah Penyakit Menular Seksual (PMS).

Untuk mengobatinya bisa dengan cara herbal dan mudah dilakukan oleh para pria. Apa saja?

Kompres dengan air dingin

Baca Juga:Antiklimaks, Terdakwa Kasus Sabu-Sabu Terbesar di Bali Tak Dituntut Mati, Cuma 12 dan 14 Tahun Penjara

Cara ini dapat menghilangkan gatal yang disebabkan oleh dermatitis kontak, kudis dan rambut yang tumbuh ke dalam. Caranya pengobatan ini mudah. Cukup kompreskan kain yang dingin dan basah ke daerah yang gatal dalam jangka waktu 10 menit.

Efek pendinginan dari kompres dingin ini juga dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh balanitis (peradangan di ujung penis) atau uretritis (pembengkakan uretra).

Menggunakan garam Epsom (garam Inggris)

Obat alami untuk penis gatal karena psoriasis (peradangan pada kulit) adalah mineral sulfat heptanidrat epsomit atau yang dikenal dengan garam Epsom. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Ingat, sebelum mandi air hangat, tambahkan garam Epsom ke dalam bak air dan tunggu hingga larut kemudian berendamlah sekitar 15 menit. 

Baca Juga:Pulau Dewata Dilanda Bencana Alam, WALHI Bali Ungkap Penyebab Utamanya

Menggunakan baking soda

Jika mengalami infeksi jamur pada penis, Anda dapat menggunakan soda kue yang dapat mengurangi rasa gatal pada penis. Caranya, Anda hanya perlu menambahkan satu cangkir baking soda ke dalam bak air hangat dan kemudian berendam.

Menggunakan oatmeal koloid

Oatmeal koloid atau gandum koloid dapat mengurangi iritasi kulit seperti penis gatal dan kekeringan. Dikutip dari Healthline, oatmeal koloid adalah oatmeal yang sering digunakan untuk lotion atau untuk mandi. Oatmeal koloid memiliki anti-inflamasi dan antioksidan berkat kandungan vitamin-E, asam ferulic dan aventhramides.

Cara menghilangkan gatal dengan metode ini juga mudah. Yakni taburkan bubuk oatmeal ke dalam air hangat dan tunggu hingga larut. Kemudian aduklah dengan rata dan berendamlah selagi masih hangat. Selanjutnya bilas setelah berendam selama 15 sampai 20 menit. 

Cuka sari apel

Cuka sari apel dapat digunakan untuk menghilangkan gatal dan iritasi. Agar hasilnya maksimal, campurkan cuka sari apel ke segelas air hangat hingga larut. Kemudian oleskan larutan tersebut pada area penis, lalu bilas setelah mengering.

Ingat, jangan mengoleskan cuka sari apel jika kulit kering, pecah-pecah atau kulit terasa terbakar. 

Perlu diketahui, meskipun praktis dan mudah untuk dilakukan, efektifitas beberapa bahan-bahan alami yang telah dijelaskan diatas masih perlu mendapatkan dukungan bukti ilmiah. Jika belum kunjung sembuh, maka segera kunjungi dokter. (*)

#Jangan #Garuk #Ini #Cara #Atasi #Gatal #pada #Alat #Kelamin #Pria #dengan #Obat #Alami

Sumber : denpasar.suara.com

Related posts