Jangan Diabaikan! Ada Balasan Setimpal saat Seorang Muslim Menjenguk Saudaranya yang Sakit

Jangan Diabaikan! Ada Balasan Setimpal saat Seorang Muslim Menjenguk Saudaranya yang Sakit

SuaraCianjur.id- Satu dari cara Allah SWT menunjukan kasih sayang kepada hambanya melalui sakit. Bagi umat muslim sakit adalah salah satu cara menghapus kesalahan dan dosa manusia.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, mengutip dari buku Ringkasan Fikih Sunnah Sayyid Sabiq karangan Syaikh Sulaiman Ahmad Yahya Al-faiti:

“Tidaklah menimpa seorang Muslim berupa kelelahan, kegundahan, kesedihan, penyakit, bahkan dari yang menimpanya, kecuali Allah akan menghapus dengannya kesalahan-kesalahannya.” (HR. Al-Bukhari).

Bersabar bagi orang yang sedang sakit dan terus berikhitiar, serta berdoa kepada Allah SWT, akan mendapatkan jalan kemudahan.

Baca Juga:Foto Jasad Brigadir J Dibeberkan Komnas HAM: Ini yang Kami Dapatkan

Tak hanya kepada orang sakit pahala itu mengalir, namuan janji Allah SWT juga memberikan pahala bagi umat muslim yang menjenguk orang dalam kondisi sakit.

Mengutip dari Inna lillahi wa inna ilaihi raaji’uun oleh Ust. Ahmad Zacky Elsyafa, S.Ag, M.A., perintah menjenguk orang sedang sakit tercantum sabda Rasulullah SAW:

“Hak muslim terhadap muslim yang lain ada lima, menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengantarkan jenazah, memenuhi undangan, dan menjajwab orang yang bersin (tasymith al-athis).” (HR. Bukhari).

Ada keutamana bagi seorang muslim ketika menjenguk orang sakit menurut hadis.

Dikutip dari buku Ringkasan Fikih Sunnah Sayyid Sabiq karangan Syaikh Sulaiman Ahmad Yahya Al-Faifi dan Fiqih Ibadah bagi orang-orang yang sedang sakit dan berpergian karangan Enang Hidayat, M.Ag., Berikut ini, yaitu:

Baca Juga:Video Viral Dora Versi Lokal Mau Jadi Pahlawan Malah Alami Nasib Sial, Netizen Dibuat Ketawa

1.Dipesankan tempat di surga

Umat muslim yang menjenguk orang sakit dengan perasan yang ikhlas karena allah SWT, maka allah menjanjikan kepada hamnya memesankan tempat yang indah seperti surga.

Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW berikut:

“Barangsiapa yang menjenguk orang sakit atau mengunjungi saudaranya semata-mata karena Allah, maka seorang penyeru akan menyeru: “Engkau telah berbuat baik dan berjalanmu pun baik serta engkau telah memesan sebuah tempat di surga.” (HR. al-Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah).

2.Didoakan oleh 70 ribu malaikat

Siapapun yang telah menjenguk orang yang sakit terutama di pagi hari akan mendapatkan di daoakan 70 ribu malaikat, seperti yang tercantum dalam hadist berikut ini:

“Tidaklah seorang muslim menjenguk muslim yang lainnya pada pagi hari, kecuali ia akan didoakan oleh tujuh puluh ribu Malaikat hingga sore hari. Jika dia menjenguknya pada sore hari, maka dia akan didoakan oleh tujuh puluh ribu Malaikat hingga pagi. Dan dia akan mendapatkan kebun di surga kelak.” (HR. Tirmizi dari Suwair).

3. Dibuatkan rumah di surga

Jika seseorang menjenguk untuk orang sakit adalah perbuatan yang sangat mulia, Allah akan menyisihkan satu rumah untuk hambanya di surga yang dimana hamba tersebut membuat perbuatan hal baik seperti menjenguk orang yang sakit.

Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang menjenguk orang sakit, maka (Malaikat) dari langit memanggil, ‘Berbahagialah kamu dan sungguh baik langkahmu dan engkau menempati sebuah rumah di surga.” (HR. Ibnu Majah).

#Jangan #Diabaikan #Ada #Balasan #Setimpal #saat #Seorang #Muslim #Menjenguk #Saudaranya #yang #Sakit

Sumber : cianjur.suara.com

Related posts