Jakarta Diminta Waspadai Potensi Gelombang Pasang yang Berbarengan dengan Hujan Lebat

Jakarta Diminta Waspadai Potensi Gelombang Pasang yang Berbarengan dengan Hujan Lebat

Duffytheseaturtle.com – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati meminta masyarakat mewaspadai potensi gelombang pasang maksimum di beberapa daerah termasuk DKI Jakarta, terutama ketika disertai hujan lebat.

Read More

“Perlu pula diwaspadai pasang maksimum. Informasi pasang maksimum selalu dikeluarkan oleh stasiun meteorologi maritim di wilayah setempat. Terutama yang paling sering mengalami adalah antara lain di wilayah Jakarta yaitu di pantai utara,” jelas Kepala BMKG Dwikorita dalam konferensi pers virtual diikuti dari Jakarta, Jumat sore (14/10/2022).

Khusus untuk DKI Jakarta pasang maksimum umumnya terjadi mulai pukul 10.00 WIB sampai 15.00 WIB. Dwikorita juga mengingatkan potensi pasang maksimum di Belawan, Sumatera Utara yang biasanya terjadi pukul 04.00 WIB dini hari hingga 10.00 WIB.

“Kenapa perlu diwaspadai? Apabila pada kondisi pasang maksimum bersamaan dengan turunnya hujan ekstrem, lebat atau hujan dengan intensitas sedang kondisi pasang akan menghalangi aliran air permukaan, air sungai, air hujan dari darat menuju ke laut,” tuturnya.

Hal itu akan memperparah terjadinya banjir di wilayah pesisir dan dapat berdampak kepada daratan.

Untuk gelombang tinggi, berpotensi terjadi di beberapa wilayah pada periode 15-21 Oktober 2022.

Kategori tinggi gelombang 2,5-4 meter berpotensi terjadi di Laut Natuna Utara, perairan Kepulauan Natuna, perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat Kepulauan Nias, perairan Pulau Enggano, perairan barat Lampung, Samudera Hindia barat Sumatera, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten hingga Jawa Timur, Selat Bali-Lombok-Alas hingga bagian selatan, perairan selatan Bali hingga Pulau Sumba, serta Samudera Hindia selatan Banten hingga Pulau Sumba. [Antara]



#Jakarta #Diminta #Waspadai #Potensi #Gelombang #Pasang #yang #Berbarengan #dengan #Hujan #Lebat

Sumber : www.suara.com

Related posts