Irma Hutabarat Ungkap ‘Borok’ Ferdy Sambo dan Daftar Dosa Petinggi Polri

Irma Hutabarat Ungkap 'Borok' Ferdy Sambo dan Daftar Dosa Petinggi Polri

Bak mencari sebuah jarum dalam tumpukan jerami, perjalanan kasus kematian Brigadir J masih terus digali oleh aktivis sosial Irma Hutabarat. Sejauh ini Irma dikenal karena ikut andil mengawal kasus kematian Brigadir J dan kerap muncul bersama keluarganya.

Read More

Bukan cuma mengamati terkait kasus kematian Nofriansyah Yoshua Hutabarat, Irma juga menelisik lebih dalam soal gerak-gerik Ferdy Sambo dan orang yang berada di lingkaran kepolisian dalam menangani kasus pembunuhan berencana ini.

1. Kuatnya pengaruh Sambo penyebab istrinya tak ditahan

Sebagaimana kita tahu, Ferdy Sambo dan istrinya Putri Candrawathi telah ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus ini.

Baca Juga:Pesulap Merah Ogah Minta Maaf Meski Pernah sebut Aksi Rara Pawang Hujan Komedi

Mereka diyakini sebagai aktor utama di balik kematian Brigadir J. Meski sudah ditetapkan sebagai tersangka, Putri Candrawathi belum dipenjarakan seperti para tersangka lainnya.

Hal itulah yang menjadi salah satu perhatian bagi Irma Hutabarat. Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @lambegosiip, Irma Hutabarat secara blak-blakan menjelaskan bahwa ada dugaan kesepakatan di internal kepolisian yang mengakibatkan istri Ferdy Sambo tidak ditahan hingga saat ini.

Dugaan dalam kesepakatan tersebut berhubungan erat dengan pengaruh Ferdy Sambo di institusi Polri yang cukup besar sebagai orang yang pernah menjabat sebagai Kadiv. Propam Polri.

“Risikonya mungkin jika melanggar kesepakatan, Sambo akan menyanyikan lagu yang tidak merdu. Sebagai Kadiv Propam dan Kepala Satgasus merah-putih, dia memiliki banyak daftar semua orang yang melakukan apa, menerima apa, yang menurut saya adalah truf, kartu truf (semacam permainan kartu) bagi dia, ” ungkap Irma Hutabarat yang dikutip Jumat (16/9/22).

2. Para jenderal mencari cara untuk bebaskan Sambo dan istrinya dari jeratan hukum.

Baca Juga:PUPR: Masa Pinjam Rusun Wisma Atlet Sebagai RS Darurat Covid-19 Mau Usai

Irma Hutabarat juga menyatakan bahwa beberapa Jenderal terlibat dalam upaya membuat Ferdy Sambo dan istrinya untuk menghindari jeratan hukum, atau setidaknya mendapatkan hukuman ringan.

Menurut Irma, setidaknya ada tiga jenderal yang memegang jabatan Kapolda yang menggelar rapat pertemuan pada 29 Juli 2022 lalu untuk mencari cara agar Sambo dan istrinya bebas dari jerat hukum. Tak hanya para jenderal, menurut Irma, sebuah LSM ternama juga hadir dalam pertemuan tersebut.

Mengenai keikutsertaan LSM tersebut, Irma menduga tujuannya adalah menyelamatkan istri Sambo, Putri Candrawathi dengan berkedok kesetaraan gender, dan menilai istri Sambo seolah-olah mengidap PTSD(Post-Traumatic Stress Dsiorder) atau gangguan stres pascatrauma.

“Nah, itu (pelecehan seksual) masih relevan dibawa sampai sekarang,” kata Irma.

3. Ferdy Sambo punya daftar “dosa” Petinggi Polri

Hal lain yang diungkapkan Irma Hutabarat terkait pengaruh Ferdy Sambo di kepolisian adalah Ferdy Sambo memiliki daftar “Dosa” para petinggi Polri.

Irma mengatakan hal tersebut beberapa waktu lalu dalam podcast di channel YouTube Refly Harun. Hal inilah yang membuat polisi terkesan lamban dalam mengusut kematian Brigadir J untuk menghindari “Borok” di internal kepolisian.

“Dia punya list-nya dong, dosa-dosa semua petinggi-petinggi. Jadi dia punya daftar siapa saja orang yang telah menerima apa saja, saya pikir itu sangat powerfull,” lanjut Irma.

4. Kekuasaan Ferdy Sambo melampaui internal Institusi Polri.

Diduga, besar dan kuatnya pengaruh kekuasaan Ferdy Sambo tidak sebatas di lingkungan tubuh Polri saja. Pengaruh Ferdy Sambo disebut-sebut merambah ke sejumlah pejabat negara di Indonesia, termasuk pejabat setingkat Menteri.

Hal ini kembali diungkapkan Irma Hutabarat. Dia mencontohkan, sejumlah pihak pernah berkomentar mengenai kasus yang menyeret nama Ferdy Sambo. Dari sejumlah pemberi komentar tersebut, tergambar seberapa besar pengaruh kekuasaan Ferdy Sambo di luar Institusi Polri.

“Makanya bolak-balik kan Mahfud MD bilang ini luar biasa kuasanya Kaisar Sambo,” pungkas Irma.

(suara.com)

#Irma #Hutabarat #Ungkap #Borok #Ferdy #Sambo #dan #Daftar #Dosa #Petinggi #Polri

Sumber : serang.suara.com

Related posts