Ini Langkah Dinas PUPR Metro untuk Atasi Banjir

Ini Langkah Dinas PUPR Metro untuk Atasi Banjir

Metro, Duffytheseaturtle.com- Pemerintah Kota Metro terus melakukan langkah-langkah dan program pembenahan infrastruktur drainase di Kota Metro, sehingga kejadian banjir seperti yang terjadi beberapa waktu lalu dapat diminimalisir.

Read More

Plt. Kepala Dinas PUPR Kota Metro, Robby Saputra menyampaikan bahwa saat ini tengah dilaksanakan langkah-langkah penanggulangan banjir di beberapa wilayah.

Ia memaparkan sejumlah pekerjaan yang tengah diproses pada tahun 2022 ini adalah pembangunan dan  rehabilitasi talud, normalisasi saluran anak sungai, rehabilitasi saluran irigasi dan anak sungai, serta rehabilitasi dan normalisasi saluran pembuang.

“Sebenarnya sudah direncanakan sebelumnya di awal tahun namun ada kendala keterlambatan sehingga baru dilaksanakan,” ungkapnya Senin (25/10/2022).

Baca Juga:Kota Metro Banjir, Wali Kota Wahdi Siradjuddin Janji Segera Cari Solusi

Menurutnya persoalan banjit terjadi karena curah hujan tinggi dan Bendungan Argoguruh sempat dibuka, menjelang musim tanam. Hujan deras di Argoguruh, dan Batu Tegi menyebabkan air melimpah ditambah curah hujan tinggi di daerah hilir Metro.

Ia mengatakan bahwa sebelumnya pekerjaan-pekerjaan di titik-titik rawan banjir tersebut sudah  telah ditinjau oleh Dinas PUTR. 

“Sudah dimulai dari seminggu yang lalu,sifatnya kontraktual bukan swakelola. Kami juga berhara kepada rekanan, agar cepat segera menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan memperhatikan kualitas, karena ini sedang berlangsung musim hujan, agar cepat dirasakan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat,”harapnya.

Ia juga menghimbau masyarakat untuk bersama-sama gotong royong.  menjaga lingkungannya  karena ada juga titik-titik genangan banjir karena tersumbatnya saluran drainase di lingkungan. Kalau misalkan banjir dikarenakan sedimentasi di pemukiman, karena banyak lumut, lumpur atau tanah.

“Selain itu masyarakat juga hendaknya memahami kondisi lahan tempat tinggalnya tersebut,”imbuhnya.

Selain itu untuk  jangka menengah tahun depan pihaknya akan membuat Master Plan Penanganan Banjir sebagai langkah guna mengantisipasi banjir.

“Kedepan kita akan buat skema rekayasa air dan kita akan petakan titik-titik rawan banjir,”pungkasnya.

#Ini #Langkah #Dinas #PUPR #Metro #untuk #Atasi #Banjir

Sumber : metro.suara.com

Related posts