Fakta Menarik DN Aidit, Selain Dituduh Dalang Peristiwa G30SPKI

Fakta Menarik DN Aidit, Selain Dituduh Dalang Peristiwa G30SPKI

Duffytheseaturtle.com – Nama DN Aidit kembali mencuat setelah komika Ananta Rispo menyatakan dirinya sebagai cucu PKI. Rispo mengatakan bahwa kakeknya, Murad Aidit adalah adik DN Aidit.

Perlu kalian ketahui, DN Aidit adalah ketua umum Partai Komunis Indonesia (PKI). Ada beberapa fakta menarik DN Aidit yang perlu kalian ketahui selain perihal PKI.

1. Latar Belakang

Nama lengkapnya Dipa Nusantara Aidit, lalu lebih akrab dikenal sebagai DN Aidit. Ia adalah pria kelahiran Belitung tahun 1923.

Baca Juga:
Adik DN Aidit Bocorkan Orang yang Merekayasa Sejarah PKI kepada Ananta Rispo: Depannya S, Belakangnya O, Sambo?

Ia merupakan pemimpin terakhir Partai Komunis Indonesia (PKI). Di bawah kendali DN Aidit, PKI menjelma menjadi salah satu kekuatan politik yang besar.

2. Akrab dengan Ir. Soekarno

DN Aidit menjadi murid kursus politik Ir. Soekarno. Hubungan keduanya berupa senior dan junior yang cukup erat. Dirinya kerap mengantar jempur Ir.Soekarno dalam kursus.

3. Pernah jadi loper koran

DN Aidit pernah menjadi loper koran Harian Rakyat, milik partainya di bredel oleh pemerintah. Koran tersebut pertama kali terbit 31 Januari 1951 menjadi salah satu media masa Indonesia pada periode 1950-1965.

Baca Juga:
Adik DN Aidit Ditanyai Rispo soal Rekayasa G30S PKI, Ini Jawabannya

Hal yang menarik adalah ketika dirinya menjadi loper koran saat itu, DN Aidit menjabat sebagai ketua partai.

4. DN Aidit tidak merokok

Dalam film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI, DN Aidit digambarkan sebagai sosok perokok. Namun fakta yang sesungguhnya adalah DN Aidit bukan perokok.

Menurut keterangan dari anaknya, sang ayah tidak bisa merokok sama sekali karena akan selalu batuk saat mencoba merokok.

5. Orang religius

Rumor yang beredar bahwa PKI termasuk DN Aidit merupakan sosok yang tidak beragam. Padahal, DN Aidit sangat dekat dengan hal-hal keislaman terutama karena sang ayah adalah tokoh penting di Belitung.

Ayah DN Aidit, Abdullah memiliki organisasi bernama Nurul Islam yang berbasis Muhammadiyah. Menurut, keterangan Rispo, DN Aidit sempat mengajar ngaji saat di Belitung.

6. Marga Aidit

Belakangan muncul berita simpang siur mengenai marga Aidit yang menyatakan bahwa dirinya adalah keturunan dari marga Al-Aidid.

Faktanya, ayah DN Aidit bernama Abdullah adalah orang Belitung asli dan ibunya adalah orang Mainjau yang tinggal di Belitung.

Demikian penjelasan beberapa fakta menarik DN Aidit selain berhubungan dengan peristiwa G30SPKI.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama



#Fakta #Menarik #Aidit #Selain #Dituduh #Dalang #Peristiwa #G30SPKI

Sumber : www.suara.com

Related posts