Efek Infus Putih Bisa Sebabkan Gejala Autoimun, Simak Cara Pencegahannya

Efek Infus Putih Bisa Sebabkan Gejala Autoimun, Simak Cara Pencegahannya

Indotnesia – Seorang perempuan membagikan pengalamannya usai melakukan perawatan infus putih. Melalui video yang diunggah di TikTok pribadinya @Vira pada Rabu (22/6/2022), ia menjelaskan bahwa setelah menjalani infus putih jangka panjang, perempuan tersebut justru mengalami gejala autoimun.

“Jadi sering sesak nafas, nyeri-nyeri tenggorokan, gampang capek dan gampang banget sakit-sakitan, sering muncul keluhan kulit sekujur badan, rambut rontok parah. Alhamdulillah sekarang sudah membaik,” tulisnya dalam kolom keterangan video.

Read More

Diketahui, kondisi gejala autoimun membuat tubuh perempuan tersebut mengalami ruam merah. Hal itu disebutkan terjadi lantaran efek samping jangka panjang yang ia jalani selama infus putih dari tahun 2016 hingga awal 2018.

Apa itu infus putih?

Curhat seorang perempuan yang didiagnosa gejala autoimun akibat efek panjang suntik putih. [TikTok/Vira]

Infus putih merupakan perawatan kecantikan yang bertujuan untuk memutihkan dan mencerahkan kulit. Dosis yang diberikan juga cukup besar dibandingkan perawatan suntik putih.

Perawatan infus tersebut bekerja dengan memasukkan bahan-bahan pemutih melalui intravena atau lewat pembuluh darah. Tak hanya sekali, infus putih dilakukan secara rutin dan bertahap.

Cara untuk memutihkan secara cepat itu bekerja dengan mencegah enzim tirosinase dalam membentuk melanosit atau melanin, yang menyebabkan kulit bisa berubah menjadi coklat.

Cara pencegahan

Dermatolog atau dokter spesialis kulit Richard Lee pernah mengungkap pendapatnya lewat akun TikTok pribadinya @drrichardlee tentang infus putih. Menurutnya, pemasangan infus yang tidak benar menimbulkan risiko dampak buruk yang tinggi.

Pendiri salah satu klinik kecantikan itu pun menjelaskan efek samping dari pemasangan infus yang tidak sesuai standar medis:

1. Pengerjaan tidak higienis, menyebabkan infeksi dan sepsis yang berujung pada kematian.

2. Jika salah penempatan infus dapat menyebabkan kerusakan jaringan tubuh.

3. Menyebabkan penggumpalan darah dan emboli udara di dalam pembuluh darah.

Oleh karena itu, Richard memperingatkan masyarakat agar melakukan perawatan infus putih langsung oleh ahlinya, di klinik resmi dengan dokter terpercaya. Selain itu, ia juga menjelaskan cara pencegahan efek samping dari infus putih yang perlu diperhatikan, diantaranya:

1. Pilih produk atau layanan yang telah teruji dan mendapatkan izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

2. Lakukan infus putih di klinik resmi yang memiliki dokter dengan izin kerja terpercaya.

3. Pahami prosedur infus putih yang tepat: skin test, pemasangan infus hingga penyuntikan obat dengan alat steril.

4. Tidak melakukan perawatan di tempat abal-abal atau salon yang menawarkan biaya infus putih dengan harga murah.

Meski infus putih membuat seseorang tampak memiliki kulit lebih bersih dan bersinar, pastikan kamu melakukannya jika memang sangat membutuhkan. Pasalnya, prosedur yang salah atau ketergantungan pada perawatan tersebut justru akan memberikan efek samping jangka panjang yang membahayakan tubuh.

#Efek #Infus #Putih #Bisa #Sebabkan #Gejala #Autoimun #Simak #Cara #Pencegahannya

Sumber : indotnesia.suara.com

Related posts