DPR Segera Gelar Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Yudo Margono, Dalami Program Kerja

DPR Segera Gelar Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Yudo Margono, Dalami Program Kerja

Duffytheseaturtle.com – Komisi I DPR segera melakukan uji kelayakan dan kepatutan, atau fit and proper test, terhadap calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono. Dalam agenda rapat yang dirilis, fit and proper test itu dilakukan Jumat (2/12) siang.

Read More

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Gerindra, Sugiono, mengatakan tidak ada isi khusus yang akan didalami kepada Yudo. Meski demikian, Komisi I akan menanyakan tentang program ke depan Kepala Staf Angkatan Laut itu bila diangkat menjadi Panglima TNI.

“Tidak ada isu khusus yang didalami. Lihat saja rencana dan program beliau pada saat nanti sudah dilaksanakan fit and proper test,” kata Sugiono kepada wartawan dikutip Jumat.

Sementara itu, terkait sosok Yudo yang merupakam satu-satunya calon yang ditunjuk Presiden Jokowi, Sugiono menilai hal itu sudah menjadi pilihan yang tepat. Ia melihat Yudo merupakan sosok yang profesional sehingga dirasa mampu mengemban tugas sebagai Panglima TNI.

“Saya kira beliau adalah sosok prajurit yang profesional. Saya yakin Pak Presiden juga pada saat mengirimkan surpres ke DPR sudah mempertimbangkan prajurit dengan prestasi yang terbaik di jajarannya,” kata Sugiono.

Sebelumnya, Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, TB Hasanuddin, berujar beberapa hal substansial akan ditanyakan atau dipertegas kepada Yudo.

“Yang pertama, misalnya saja tentang memintanya kepada panglima agar prajurit TNI itu tetap dalam posisi netral. Kemudian tidak berpolitik praktis terutama ketika menghadapi event-event seperti Pemilu, Pilkada, Pilpres, Pileg, dan sebagainya,” kata Hasanuddin di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (1/12).

Hal lainnya yang akan didalami dalam fit and proper test ialah masalah kedisiplinan TNI. Hasanuddin mengatakan perlu ada peningkatan dalam hal kedisiplinan. 

“Ya begini, dalam pandangan saya, disiplin dalam lima tahun terakhir itu menurun,” kata Hasanuddin.

Penyelesaian minumun essential force turut diperdalam pada uji kelayakan dan kepatutan Yudo.



#DPR #Segera #Gelar #Fit #Proper #Test #Calon #Panglima #TNI #Yudo #Margono #Dalami #Program #Kerja

Sumber : www.suara.com

Related posts