Demi Mempersiapkan Masa Depan Anak, Orangtua Perlu Ikuti Perkembangan Zaman

Demi Mempersiapkan Masa Depan Anak, Orangtua Perlu Ikuti Perkembangan Zaman

Duffytheseaturtle.com – Orangtua tentunya menginginkan masa depan terbaik untuk anaknya. Untuk mendapatkannya, psikolog mengatakan orangtua perlu terus mengikuti perkembangan zaman. Untuk apa?

“Penting bagi orangtua untuk mengikuti perkembangan zaman dan memahami peran kita dalam mendukung anak mengembangkan soft skill dan membangun karakter mereka,” kata Psikolog Saskhya Aulia Prima dari Universitas Indonesia dalam sebuah webinar.

Read More

Bukan cuma anak yang diajak mempelajari berbagai keterampilan demi masa depan, orangtua pun mesti terus belajar dari berbagai sumber untuk bisa membesarkan anak dengan baik di tengah kehidupan yang dinamis.

Penting juga untuk berdiskusi bersama pasangan agar orangtua dapat kompak dalam membesarkan anak. Diskusikan soal cara mendidik anak, sekolah apa yang akan dipilih dan kegiatan apa yang akan diperkenalkan kepada buah hati.

Baca Juga:
Jenis Kelamin Bayinya Belum Ketahuan, Ria Ricis dan Teuku Ryan Penasaran

Ilustrasi orangtua membantu anak mengerjakan PR. [Shutterstock]

Dulu, dunia maya dan dunia nyata dianggap berbeda. Tapi saat ini dunia digital sudah menjadi bagian dalam keseharian. Maka, gabungkan semua alat untuk mengembangkan kemampuan anak, seperti memadukan buku dan gawai.

“Ajari anak jadi digital citizen (warga negara digital) yang baik,” kata dia.

Perilaku yang baik kini tak hanya penting di dunia nyata, tetapi juga di dunia digital. Rekam jejak di dunia maya dapat mempengaruhi kehidupan di dunia nyata, maka orangtua sepatutnya memandu anak sejak kecil untuk bisa memanfaatkan teknologi secara baik dan benar.

Tiga keterampilan penting

Saskhya menggarisbawahi bahwa untuk bisa bertahan hidup dan sukses di lingkungan yang berbeda, ada tiga kategori keterampilan yang harus dikembangkan oleh anak: kemampuan kognitif dan metakognitif, kemampuan sosial dan emosional, dan kemampuan fisik dan praktikal.

Baca Juga:
Waduh! Ria Ricis Pukul Perutnya yang Sedang Hamil Anak Pertama, Ini Gara-garanya

Untuk melatih kemampuan kognitif dan metakognitif, orangtua dapat mengajak anak untuk berdiskusi dan menyampaikan pendapat sejak dia bisa mulai berbicara.



#Demi #Mempersiapkan #Masa #Depan #Anak #Orangtua #Perlu #Ikuti #Perkembangan #Zaman

Sumber : www.suara.com

Related posts