Dampak Negatif Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Garam

Dampak Negatif Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Garam

Poptren.suara.com– Garam merupakan salah satu jenis bumbu yang umum digunakan pada hampir semua jenis masakan. Secara alami berbagai jenis bahan makanan juga mengandung garam dalam bentuk natrium murni, seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan, hingga sayur dan buah (meski dalam jumlah yang sedikit). Pada dasarnya garam dibutuhkan oleh tubuh dalam proses metabolisme.

Read More

Mengutip dari Yoursay.id, asupan garam yang dianjurkan per harinya menurut Permenkes No. 30 Tahun 2013 adalah sebanyak satu sendok teh, atau sekitar 5 gr yang mengandung sekitar 2000 mg natrium. Jika seseorang mengonsumsi terlalu banyak garam melebihi batas yang dianjurkan, maka akan menimbulkan dampak yang negatif bagi tubuh. 

Dilansir dari laman OnHealth.com, inilah dampak negatif bagi tubuh akibat terlalu banyak mengonsumsi garam.

1. Rasa Tidak Nyaman pada Perut

Ketika Anda terlalu banyak mengonsumsi  garam, maka akan terjadi pembengkakan pada organ akibat pengaruh garam yang mengikat air atau dalam istilah medis disebut retensi air.

Tubuh pun memberikan respon dengan menahan lebih banyak cairan untuk menjaga keseimbangan. Hal inilah yang akan membuat perutmu terasa tidak nyaman.

2. Hipertensi dan Sakit Kepala

Berdasarkan hasil penelusuran pada laman p2ptm.kemkes.go.id, menjelaskan bahwa ketika seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung garam secara berlebih, akan meningkatkan jumlah natrium didalam sel, sehingga mengganggu keseimbangan cairan.

Selain itu, diameter pembuluh darah juga akan ikut mengecil yang membuat jantung harus memompa darah lebih kuat. Hal itulah yang membuat tekanan darah menjadi tinggi serta diiringi dengan sakit kepala.

3. Merasa Kehausan

Kandungan natrium pada garam yang dikonsumsi dalam jumlah berlebih dapat berpotensi menarik cairan dari sel-sel untuk membersihkan jaringan dalam tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Hal inilah yang akan membuat kita merasa kehausan. Jika tidak cepat meminum air, maka tubuh akan mengalami dehidrasi.

4. Gangguan Tidur

Terlalu banyak mengonsumsi garam juga berdampak pada gangguan tidur, seperti sulit tidur, tidur tidak nyenyak, sering terbangun ditengah malam, ataupun merasa tak cukup tidur di saat bangun pagi hari.

5. Sering Buang Air Kecil

Konsumsi garam secara berlebihan juga dapat mengganggu fungsi ginjal yang berakibat pada meningkatnya frekuensi buang air kecil. Jika tidak dibarengi dengan minum air yang cukup, maka tubuh juga dapat mengalami dehidrasi.

Semoga bermanfaat.

#Dampak #Negatif #Akibat #Terlalu #Banyak #Konsumsi #Garam

Sumber : poptren.suara.com

Related posts