Daftar Komponen Motor yang Wajib Dicek Rutin

Daftar Komponen Motor yang Wajib Dicek Rutin

Duffytheseaturtle.com – Merawat sepeda motor sangat penting, tetapi lebih penting lagi jika kita mengetahui komponen apa saja yang perlu diperiksa rutin agar mengurangi biaya tak perlu.

Read More

Ada daftar komponen motor yang wajib dicek rutin, untuk memastikan bahwa tunggangan kamu selalu siap digeber dan juga untuk tahu, komponen mana saja yang harus diperbaiki atau diganti.

Berikut adalah daftar komponen motor yang wajib dicek rutin menurut Suzuki:

  • Sistem Penerangan
  • Pengereman
  • Sistem kemudi
  • Oli mesin
  • Oli gardan dan CVT
  • Rantai dan gear
  • Kabel gas dan kopling
  • Kondisi ban

Berikut penjabarannya:

Baca Juga:
Kendaraan Warna Doff? Ini Tips Merawat Motor Agar Tampil Keren

Sistem Penerangan
Pemeriksaan dapat dilakukan dari hal yang paling mudah yaitu kondisi penerangan seperti lampu depan, lampu sein, dan lampu pengereman, apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Apabila salah satu dari lampu tersebut tidak berfungsi dengan baik atau mati, pengendara dapat mengganti dengan lampu yang baru di bengkel terdekat. Selain penerangan, fungsi dari klakson juga harus diperhatikan, karena apabila klakson tidak berfungsi dengan baik dapat membahayakan pengendara maupun orang lain.

Sistem Pengereman
Rem merupakan salah satu komponen paling penting untuk diperiksa sebelum berkendara. Lakukanlah pemeriksaan kondisi rem, seperti kanvas rem, minyak rem, dan kaliper. Saat sepeda motor melaju di jalanan yang licin, pastikan menggunakan rem secara perlahan agar terhindar dari kemungkinan terpeleset. Apabila kanvas rem sudah tipis atau aus, sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

Sistem Kemudi
Pemeriksaan kemudi harus dilakukan untuk memastikan kenyamanan saat berkendara. Komstir atau steering harus dalam kondisi baik sehingga dapat menyeimbangkan stang sepeda motor serta meminimalisir getaran. Begitu pula bearing roda serta engine mounting mesin harus dipastikan dalam keadaan baik. Hal ini dilakukan agar pengendara bisa tetap stabil saat melaju sehingga tetap nyaman dan aman ketika melakukan perjalanan.

Oli Mesin
Oli mesin harus dicek dan diganti secara berkala untuk memastikan kinerja mesin tetap optimal dan tahan lama. Selain itu, pengendara juga harus memperhatikan filter oli agar sirkulasi oli ke bagian mesin berjalan lancar dan dianjurkan untuk diganti maksimal 4 bulan sekali.

Meskipun sepeda motor jarang digunakan, sebaiknya penggantian oli mesin harus tetap dilakukan. Hal ini untuk menghidari penurunan kualitas Oli yang dapat berakibat buruk terhadap kendaraan

Baca Juga:
Serba Salah Kaprah, Ini 5 Mitos tentang Merawat Motor yang Paling Populer

Oli Gardan dan CVT
Untuk motor matik, pengendara harus memperhatikan penggantian oli gardan setiap 2-3 kali ketika melakukan penggantian oli mesin atau ketika sepeda motor sudah menempuh jarak 8.000 – 10.000 km. Oli gardan merupakan salah satu komponen vital yang harus diperhatikan pengendara yang memiliki sepeda motor matik.



#Daftar #Komponen #Motor #yang #Wajib #Dicek #Rutin

Sumber : www.suara.com

Related posts