CEK FAKTA: Prabowo Subianto Ungkap Ayah Tiko Dekat dengan Keluarga Cendana, Ini Penjelasannya

Setelah kabar bahwa Tiko bukan anak kandung Herman Moedji Susanto, kini muncul cerita bahwa suami Ibu Eni itu adalah kerabat dekat dari Keluarga Cendana.

Cerita itu menyeruak ke publik melalui video yang diunggah kanal YouTube Update Artis pada Senin (9/1/2023) dengan judul “Kedatangan Bapak Prabowo Membuka Misteri Tentang Hubungan Tiko dan Keluarga Cendana”.

Disebutkan bahwa Menhan Prabowo Subianto sempat mendatangi rumah Tiko, lalu menjelaskan kedekatannya dengan Herman saat masih menjadi menantu mendiang Presiden Ke-2 RI Soeharto.

Narator kemudian menjelaskan sekilas awal mula kisah Tiko dan Bu Eni viral, di mana ia merupakan pemuda yang merawat ibunya, yang mengidap gangguan jiwa, selama 12 tahun dalam rumah mewah tanpa pasokan air dan aliran listrik.

Baca Juga:Mengenal Apa itu Kota Saranjana: Mitos, Lokasi, Pengakuan Artis hingga Asal-usul Penamaannya

Kemudian, munculah tanda tanya soal ayah Tiko. Menurut narasi dalam video, kedatangan Prabowo mulai menyingkap teka-teki soal ayah Tiko.

Berdasarkan narasi tersebut, ayah Tiko dulunya adalah orang penting di keluarga Cendana dan pernah tinggal di kompleks perumahan Soeharto.

Lalu, diceritakan pula pengakuan Uri Muji Astuti, anak Herman dari istri pertamanya, bahwa Tiko bukan anak kandung Herman. Cerita itu diutarakan Uri dalam sambungan telepon di kanal YouTube Pratiwi Noviyanthi yang videonya diunggah pada Jumat (6/1/2023).

Penjelasan

Pernyataan bahwa Uri menyebut Tiko bukan anak kandung Herman memang benar adanya, seperti yang ditayangkan youtuber Pratiwi Noviyanthi, kendati tudingan Uri terhadap Tiko itu belum terbukti benar.

Baca Juga:Ferry Irawan Resmi Tersangka Kasus KDRT, Terancam 5 Tahun Penjara

Namun, narasi bahwa Menhan Prabowo mendatangi rumah Tiko tidak disertai bukti di video tersebut.

Demi meyakinkan penonton, pengunggah video menampilkan foto-foto Prabowo dan foto-foto Tiko. Namun, tak ada foto asli yang menunjukkan keduanya bertemu.

Selain itu, tak ada pers berbadan hukum yang memberitakan kabar kedatangan Prabowo ke rumah Tiko sama sekali.

Sama seperti pertemuan Prabowo dengan Tiko, kabar bahwa Prabowo menyebut ayah Tiko dekat dengan Keluarga Cendana juga hanya ada dalam narasi video unggahan kanal YouTube Update Artis tersebut.

Kesimpulan

Narasi dalam video berjudul “Prabowo Ungkap Ayah Tiko Punya Hubungan Dekat dengan Keluarga Cendana” yang diunggah di YouTube Update Artis adalah hoaks.

Narasi dalam video itu menunjukkan adanya informasi sesat untuk membingkai isu yang sedang merebak di tengah masayarakat, sehingga, berdasarkan tipe mis dan disinformasi dari Mafindo, narasi bahwa Prabowo mengunjungi Tiko dan menyebut ayah Tiko dekat dengan Keluarga Cendana adalah konten yang menyesatkan.


Loading…

#CEK #FAKTA #Prabowo #Subianto #Ungkap #Ayah #Tiko #Dekat #dengan #Keluarga #Cendana #Ini #Penjelasannya

Sumber : mamagini.suara.com

Related posts