Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Langsung Dilirik HRD

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Langsung Dilirik HRD

Duffytheseaturtle.com – Surat lamaran kerja sama pentingnya dengan CV. Surat lamaran kerja  memungkinkan kita untuk menguraikan kualifikasi dan menjelaskan mengapa kita menginginkan posisi di suatu perusahaan. Lantas, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik agar langsung dilirik oleh HRD.

Surat lamaran kerja yang ditulis dengan baik bisa menginspirasi HRD untuk menghubungi kita pada sesi wawancara. Itulah sebabnya, surat lamaran memiliki kedudukan yang sama pentingnya dengan lampiran CV.

Surat lamaran kerja adalah dokumen yang menyertai resume saat kita melamar pekerjaan. Surat ini memperluas informasi yang sudah catat di resume.

Melalui surat ini juga, kita berpeluang untuk menekankan kualifikasi dan menjelaskan, mengapa kita adalah kandidat terbaik untuk pekerjaan itu.

Baca Juga:
Cara Membuat Podcast: Persiapan Alat-alat hingga Proses Unggah

Merangkum laman Indeed, surat lamaran kerja juga memungkinkan kita untuk menyajikan argumen persuasif tentang mengapa kita layak untuk dipanggil wawancara kerja.

Sementara resume terbatas pada format ringkas, surat lamaran menyediakan ruang secara maksimal untuk meningkatkan peluang agar bisa maju dalam proses perekrutan.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

1. Teliti perusahaan dan lowongan pekerjaan

Teliti secara menyeluruh perusahaan tempat kita melamar dan spesifikasi posisi yang terbuka. Semakin banyak kita tahu tentang pekerjaan itu, semakin baik dan kita dapat menyesuaikan surat lamaran kerja. Carilah detail seperti:

Baca Juga:
2 Cara Membuat Thumbnail YouTube di HP, Mudah Diikuti Pemula

  •  Penghargaan terbaru yang diterima perusahaan
  •  Pencapaian atau pembeda utama yang membedakan bisnis ini dari pesaing
  •  Sertifikasi, keterampilan, atau pengetahuan khusus yang berguna untuk pekerjaan itu
  •  Ukuran perusahaan, budaya perusahaan dan proyek amal yang melibatkan perusahaan
  • Jangan lupa, cari nama dan jabatan untuk manajer perekrutan

2. Gunakan format profesional

Surat ini harus mengikuti format profesional dan mencantumkan nama, informasi kontak, tanggal dan informasi perusahaan.

Mulailah dengan salam profesional, seperti “Bapak X Yang Terhormat,” dan panggil manajer perekrutan dengan nama jika memungkinkan. 

3. Sebutkan posisi yang dilamar

Buka surat lamarann kerja dengan pernyataan yang jelas tentang posisi yang dilamar dan sebutkan nama perusahaan. Jikakita direkomendasikan oleh seseorang di perusahaan, pastikan untuk mencantumkan nama dan posisinya.

4. Jelaskan mengapa kita yang paling sesuai untuk pekerjaan itu

Dalam satu atau dua kalimat yang to the point, jelaskan mengapa kita paling cocok untuk lowongan pekerjaan ini. Berikan detail yang jelas mengenai pengalaman, keterampilan, pendidikan, atau sertifikasi yang kita miliki.

5. Kualifikasi Ringkas

Sebutkan kualifikasi teratas yang membuat kita cocok untuk pekerjaan itu. Berikan ringkasan singkat tentang latar belakang dan pertimbangkan juga, kira-kira apa yang ingin HRD ketahui lebih dahulu tentang kita. Jangan lupa, sertakan pernyataan pribadi tentang mengapa kita menginginkan posisi ini. 

6. Penutup profesional

Dalam bagian penutup, sebutkan bahwa kita menunggu langkah selanjutnya dalam proses perekrutan dan akhiri dengan kata “Hormat kami,” sebagai penutup.

Demikian cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar agar langsung dilirik oleh HRD. Selamat mencoba ya, semoga berhasil.

Kontributor : Rima Suliastini



#Cara #Membuat #Surat #Lamaran #Kerja #Agar #Langsung #Dilirik #HRD

Sumber : www.suara.com

Related posts