Bolehkah Puasa Arafah Hanya di Hari Jumat Saja? Ini Penjelasan Syekh Muhammad Jaber

Bolehkah Puasa Arafah Hanya di Hari Jumat Saja? Ini Penjelasan Syekh Muhammad Jaber

Duffytheseaturtle.com – Puasa sunah sebelum Hari Raya Idul Adha biasanya dilakukan pada tanggal 1-9 Dzulhijjah. Tapi bolehkah puasa Arafah hanya di hari Jumat saja? Syekh Muhammad Jaber memaparkan hukumnya.

Read More

Hari Arafah tahun ini jatuh pada hari Jumat 8 Juli 2022. Jika biasanya puasa sunah sebaiknya dilakukan antara hari Senin atau Kamis, tapi apakah boleh jika puasa hanya di hari Jumat?

“Kalau saya melihat pendapat ulama, Hari Arafah itu hari Jumat, ‘boleh enggak saya puasa hari Jumat saja karena saya dengar tidak boleh puasa hari Jumat sendiri. Harus satu hari sebelumnya atau sesudahnya?’” adik almarhum Syekh Ali Jaber ini membacakan salah satu pertanyaan netizen.

Menurut Syekh Muhammad Jaber, berpuasa di hari Jumat hari Arafah saja hukumnya boleh dengan catatan bahwa niatnya adalah puasa Arafah, bukan puasa di hari Jumat.

Baca Juga:
Kenapa Idul Adha Berbeda dengan Arab? Ini Penjelasan UAS dan UAH

“Boleh, Insya Allah tidak ada masalah. Kenapa? Karena niatnya bukan puasa Jumat tetap niatnya Puasa Arafah,” jelas Syekh Muhammad Jaber.

“Tidak boleh berpuasa di hari Jumat saja jika menganggap ada keutamaan khusus untuk berpuasa di hari Jumat,” lanjutnya dalam caption Instagram, Kamis (7/7/2022).

Puasa ini pun juga berlaku untuk hari-hari sunah berpuasa lainnya, bukan hanya saat Arafah.

“Berarti kalau puasa Arafah, puasa Asyura, jatuh di hari Hari Jumat, boleh puasa di hari Jumat sendiri,” jelasnya.

Di hari Arafah ini Syekh Muhammad Jaber juga mengingatkan soal amalan bulan Dzulhijjah yang bisa dilakukan selain berpuasa.

Baca Juga:
Idul Adha 2022 Tanggal Berapa, 9 atau 10 Juli? Muhammadiyah Lebih Awal

“Jangan lupa perbanyak takbiran di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah sampai ba’da Id,” pungkasnya.



#Bolehkah #Puasa #Arafah #Hanya #Hari #Jumat #Saja #Ini #Penjelasan #Syekh #Muhammad #Jaber

Sumber : www.suara.com

Related posts