Bikin Kepala Pusing Hingga Ganggu Kesuburan

Bikin Kepala Pusing Hingga Ganggu Kesuburan

Duffytheseaturtle.com – Terjebak kemacetan, pekerjaan yang menumpuk, hingga telat makan bisa membuat seseorang mengalami stres. Apa dampaknya bagi organ tubuh manusia?

Stres memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Namun stres yang terjadi terus menerus dalam waktu lama bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, bahkan mengubah bagaimana organ tubuh manusia bekerja.

Read More

Dikutip dari Healthline, stres memengaruhi bagaimana cara manusia bernapas, produksi hormon, hingga pergerakan otot. Simak dampak stres bagi organ tubuh manusia berikut ini.

1. Kepala

Baca Juga:
Manfaat Gingseng Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Mengurangi Peradangan

Dampak paling umum yang paling sering dirasakan saat stres adalah sakit kepala. Penyebabnya beragam, mulai dari otot yang tegang hingga masalah kesehatan saraf.

Ilustrasi sakit kepala karena stres. (freepik)

2. Paru-paru

Stres bisa membuat seseorang mengalami masalah paru-paru, paling umum adalah sesak napas. Hal ini terjadi akibat otot di paru-paru yang mengencang ketika stres.

3. Kelenjar getah bening

Stres bisa menghambat kelenjar getah bening bekerja. Hal ini membuat sistem kekebalan tubuh melemah, membuat seseorang lebih rentan terserang penyakit infeksi.

Baca Juga:
5 Tips Jitu Menenangkan Diri dari Rasa Stres, Kamu Wajib Coba!

4. Pankreas

Stres berkelanjutan bisa membuat pankreas memproduksi lebih sedikit insulin, enzim yang berperan dalam mengolah gula darah menjadi energi. Dampaknya, risiko diabetes tipe 2 meningkat.

5. Lambung

Stres diketahui menjadi faktor risiko utama seseorang mengalami sakit perut. Produksi asam lambung yang meningkat karena stres membuat risiko GERD meningkat.

Ilustrasi sakit perut karena stres. (Pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi sakit perut karena stres. (Pexels/Andrea Piacquadio)

6. Penis

Disfungsi ereksi merupakan kondisi medis yang terjadi saat penis tidak bisa tegang. Salah satu penyebabnya adalah stres, yang menghambat aliran darah ke daerah penis.

7. Jantung

Penelitian membuktikan, risiko serangan jantung meningkat karena stres. Stres adalah penyebab tekanan darah tinggi, salah satu faktor risiko utama serangan jantung.

8. Ovarium

Pada beberapa perempuan, stres yang dialami bisa mengganggu ovarium. Selain membuat menstruasi tidak lancar, risiko gangguan kesuburan pun meningkat.

9. Kaki

Stres yang terjadi bisa membuat otot tegang, termasuk otot kaki. Dampaknya bisa hanya pegal-pegal hingga membuat seseorang susah bergerak.

10. Otak

Yang paling parah, stres bisa mengubah cara otak bekerja. Stres berkepanjangan bisa memicu depresi, salah satu gangguan kesehatan jiwa yang bisa meningkatkan risiko seseorang bunuh diri.

Itulah dampak stres bagi organ tubuh manusia. Bagi kamu yang merasa stres dan butuh pertolongan, jangan ragu untuk menghubungi tenaga kesehatan ya.



#Bikin #Kepala #Pusing #Hingga #Ganggu #Kesuburan

Sumber : www.suara.com

Related posts