Biar Tak Bingung saat Memeriksa Dokumen Kendaraan, Begini Cara Cek Nomor Mesin Motor Beat Karbu

Biar Tak Bingung saat Memeriksa Dokumen Kendaraan, Begini Cara Cek Nomor Mesin Motor Beat Karbu

Duffytheseaturtle.com – Dalam kendaraan, nomor mesin dan nomor rangka itu penting karena merupakan identitas kendaraan dari pabrik. Ini berfungsi saat melakukan proses registrasi kelengkapan surat kepemilikan. Lantas, bagaimana cara cek nomor mesin motor Beat karbu? Simak ulasannya berikut ini.

Pada sebagian model motor, diketahui letak nomor mesin maupun omor rangka sedikit tersembunyi. Karen ini, tak jarang pengguna motor sedikit kebingungan saat akan mengecek dan menyesuaikannya dengan yang ada di STNK maupun BPKB. Jika nomor tidam sesuai, maka perpanjangan pajak tidak bisa dilakukan.

Read More

Nomor seri mesin maupun nomor rangka ini jadi identitas unik kendaraan bermotor, yang mana ini tercantum di BPKB maupun STNK. Jika ingin ganti rangka atau mesin, penting untuk buat laporan pemesanan tertulis kepada bengkel resmi. 

Nah bagi pemilik motor Beat Karbu, agar tidak bingung lagi, mari simak berikut ini cara cek nomor mesin motor Beat Karbu yang penting untuk diketahui.

Baca Juga:
Viskositas Oli adalah Salah Satu Penentu Cocok Tidaknya Pelumas di Mesin Motor, Begini Rinciannya

Begini Cara Cek Nomor Mesin Motor

Honda BeAT karburator (bukapalak)

Diketahui, letak nomor mesin dan nomor rangka setiap tipe motor  itu berbeda. Untuk letak nomor mesin Honda Beat Karbu, posisinya ada dibagian blok mesin sebelah kiri, tepatnya berhimpitan dengan posisi crankcase CVT. Jika ingin mengeceknya, perlu menengok ke bagian bawah motor.

Di bagian tersebut, terdapat semacam panel besi yang ter-embos perpaduan huruf dan angka. Itulah yang dinamakan nomor mesin. Pada nomor mesin tersebut, tercantum kode merek, model, serta tahun produksi kendaraan.

Jika Anda ingin melihat dan menyesuaikan nomor mesin dengan surat-surat kelengkapan motor Anda, ada baiknya  bersihkan terlebih dulu bagian nomornya agar lebih mudah dibaca. Cara membersihkannya cukup dengan menggunakan kuas dan bensin untuk membersihkannya. 

Perlu diingat, jika Anda akan membeli motor bekas, pastikan untuk melakukan pencocokan nomor rangka dan nomor mesin secara teliti. Selain itu, jangan lupa perhatikan ukiran emboss, pastikan susunannya rapi dan tidak berantakan. Pasalnya, sekarang ini nomor rangka maupun nomor mesin kerap jadi obyek pemalsuan.

Baca Juga:
Cara Gadai BPKB Motor di Pegadaian, Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?

Demikian informasi mengenai cara cek nomor mesin motor Beat Karbu yang penting untuk diketahui. Sekarang sudah tidak bingung lagi buat ngecek nomor mesin dan rangka motor Beat, kan? Semoga informasi ini bermanfaat.



#Biar #Tak #Bingung #saat #Memeriksa #Dokumen #Kendaraan #Begini #Cara #Cek #Nomor #Mesin #Motor #Beat #Karbu

Sumber : www.suara.com

Related posts