Berdebar Hingga Sesak Napas Sebelum Ujian, Testophobia: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berdebar Hingga Sesak Napas Sebelum Ujian, Testophobia: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Duffytheseaturtle.com – Ujian adalah hal yang lumrah untuk melewati berbagai tahap dan jadi lebih baik. Tapi bagi beberapa orang, bisa sangat takut terhadap ujian sekolah dan menandakan ia mengalami Testophobia.

Bagi orang dengan testophobia, saat menghadapi ujian mereka bisa mengalami jantung berdebar, mual, kepala mulai pusing, sesak napas, bahkan hingga mengalami pingsan.

Read More

Mengutip Ruang Guru, Jumat (5/3/2022) testophobia adalah ketakutan yang terjadi secara terus-menerus pada bentuk ujian atau evaluasi.

Testophobia adalah fobia dengan jenis situasional yang berkaitan dengan pengalaman negatif.

Baca Juga:
Melihat UPPPG Berbasis Domisili, UN-nya Mahasiswa PPG dalam Jabatan

Contohnya itu seperti pengalaman yang buruk, traumatik, ekspektasi yang tidak kunjung terealisasi, atau tuntutan yang berlebih.

Penyebab Testophobia

Ilustrasi Ujian Daring. (pexels.com)

Ada dua faktor yang menyebabkan munculnya gejala testophobia. Faktor pertama itu genetika atau turunan dari orangtua, dan faktor kedua yaitu faktor lingkungan sosial.

Lingkungan sosial seperti keluarga, seperti kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pendidikan yang ideal, dan apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh seorang anak.

Apalagi banyak orang tua, saudara, tetangga, bahkan guru, menaruh harapan yang begitu besar kepada anak ketika anak tersebut sedang mempersiapkan ujian.

Baca Juga:
3 Efek Samping Vaksin COVID-19 Pfizer dari yang Serius hingga Umum Terjadi

Lingkungan ini mengharapkan saat pulang ke rumah bisa membawa nilai yang tinggi, ingin memamerkan ranking saat kumpul keluarga, atau bahkan membanding-bandingkan nilai antara anak yang satu dengan yang lainnya.



#Berdebar #Hingga #Sesak #Napas #Sebelum #Ujian #Testophobia #Penyebab #dan #Cara #Mengatasinya

Sumber : www.suara.com

Related posts