Benarkah Oli Mesin Mobil Menguap Saat Mengalami Macet Berjam-jam?

Benarkah Oli Mesin Mobil Menguap Saat Mengalami Macet Berjam-jam?

Duffytheseaturtle.com – Kekinian, macet tidak bisa lepas dari rutinitas setiap hari. Ada pendapat menyebutkan di saat kondisi macet panjang bisa terjadi penguapan oli mesin yang bisa membahayakan kondisi mesin mobil. Benarkah demikian?

Dikutip dari Auto2000, pemaparannya berangkat dari pemahaman fungsi oli terlebih dahulu.

Read More

Pelumas mesin atau oli mesin berfungsi melumasi komponen mesin yang saling bergesekan. Berikutnya, oli melarutkan kotoran yang ada di dalam mesin dan membawanya ke filter oli untuk disaring.

Ilustrasi mengisi oli mesin mobil (Shutterstock).

Fungsi selanjutnya adalah mendinginkan mesin mobil. Panas yang timbul akibat gesekan antarkomponen mesin yang bergerak akan diteruskan ke dinding blok mesin dan selanjutnya disalurkan keluar untuk didinginkan oleh air radiator.

Baca Juga:
Hyundai Bidik Singapura untuk Bangun Pabrik Modern dan Kembangkan Platform Baru

Yang tidak kalah penting, senyawa kimia yang terdapat di dalam oli akan mencegah terjadinya karat pada komponen mesin mobil.

Akan tetapi, oli mesin tidak memiliki sistem pendingin khusus sehingga kesulitan melepaskan panas yang berlebih saat macet parah. Sebagai benda cair, secara alami oli juga mengalami penguapan di suhu tinggi.

Memang oli mesin modern memiliki aditif yang membuatnya lebih tahan panas dan tidak mudah menguap. Namun tetap ada batas suhu maksimal sampai akhirnya oli akan menguap.

Kuantitas oli mesin yang tidak sesuai kebutuhan akan membuat tugasnya melumasi, mendinginkan, membersihkan, dan melindungi mesin tidak bisa optimal. Jika dibiarkan akan membuat daya tahan komponen mesin turun dan cepat rusak.

Terlebih kalau sampai oli mesin habis total. Komponen mesin yang bergesekan tanpa ada pelumas akan membuat mesin macet dan rusak parah. Biaya yang dikeluarkan untuk memperbaikinya tidak murah.

Baca Juga:
Timur Sardarov, Bos MV Agusta Menulis Surat Terbuka: Rusia dan Ukraina Adalah Saudara

Selain penguapan, kualitas oli juga akan berkurang karena pemakaian, terutama ketika sering melewati jalan macet yang membuat oli bekerja keras.

Oleh sebab itu, lakukan penggantian oli mesin setiap enam bulan sekali, selagi servis berkala.



#Benarkah #Oli #Mesin #Mobil #Menguap #Saat #Mengalami #Macet #Berjamjam

Sumber : www.suara.com

Related posts