Arti Bendera Pelangi LGBT, Bendera yang Dikibarkan Kedubes Inggris untuk RI

Arti Bendera Pelangi LGBT, Bendera yang Dikibarkan Kedubes Inggris untuk RI

Duffytheseaturtle.com – Kelompok LGBT dan hak-haknya masih menjadi kontroversi di kalangan masyarakat Indonesia. Terbaru, Kantor Kedutaan Besar atau Kedubes Inggris untuk Indonesia di Jakarta, memasang bendera pelangi yang identik dengan komunitas lesbian, gay, biseksual dan transgender atau LGBT. Lalu apa arti bendera pelangi LGBT? 

Read More

Isu kelompok LGBT ini mulai menjadi perbincangan panas publik, tak lepas dari Deddy Corbuzier yang mengundang Ragil Mahardika dan pasangan Gaynya menjadi bitang tamu di pocdast untuk membahas isu tersebut pada beberapa waktu lalu. Lantas, apa arti bendera pelangi LGBT?

Selang beberapa minggu setelahnya, komunitas internasional memperingati Hari Anti Homofobia, Bifobia, dan Transfobia (IDAHOBIT) pada Rabu, 18 Mei 2022. Tepat pada hari itu juga, Kedutaan Besar Inggris di Indonesia memutuskan untuk ikut memperingatinya dengan cara mengibarkan bendera pelangi yang terkenal menjadi simbol kelompok LGBT+. Bendera itu dipasang tepat di samping bendera Inggris. 

Melalui unggahan resminya, @ukinindonesia Kedubes Inggris mengungkapkan alasan dari pemasangan bendera yang kini viral itu. Inggris berpendapat bahwa LGBT juga layak memiliki hak asasi manusia yang fundamental. 

Baca Juga:
Kedubes Inggris Kibarkan Bendera LGBT di Indonesia, Kemlu RI: Sangat Tidak Sensitif dan Ciptakan Polemik di Masyarakat

Dalam untaian caption yang amat panjang itu, Kedubes Inggris menkankan bahwa seseorang dengan orientasi apapun berhak menjalani hidup tanpa adanya diakriminasi dan tekanan dari siapapun. Mereka mengaku akan terus mendukung dan memperjuangkan hak-hak LGBT. 

Atas unggahannya itu menimbulkan pro dan kontra di tengah warganet, seperti yang terlihat di kolom komentar unggahan tersebut. Bukan hanya menimbulkan kontroversi, beberapa waraganet yang kontra bahkan langsung mengambil sikap untuk berhenti mengikuti akun Instagram Kedubes Inggris di Indonesia. 

Atas mencuatnya kontroversi ini banyak masyarakat yang belum mengatahui arti bendera pelangi LGBT. Untuk itu berikut ini kami berikan usalannya. 

Arti Bendera Pelangi LGBT 

Berdasarkan catatan sejarah, bendera pelangi khas LGBT dibuat untuk menggantikan bendera buatan NAZI. Kemudian bendera ini pertama kali dikibarkan saat acara Gay Pride pada 25 Juni 1978 di San Fransisco. 

Baca Juga:
Kibarkan Bendera LGBT, Kedubes Inggris Dituntut Meminta Maaf dan Hormati Nilai-nilai di Indonesia

Gay Prade merupakan sebuah festival yang digelar setiap tahun di California, Amerika Serikat. Acara tetsebut juga merupakan ajang untuk memperjuangkan pengakuan atas status, perkawinan sesama jenis, dan lain sebagainya. 



#Arti #Bendera #Pelangi #LGBT #Bendera #yang #Dikibarkan #Kedubes #Inggris #untuk

Sumber : www.suara.com

Related posts