Apakah Orang Tenggelam Mati Syahid? Begini Penjelasannya dalam Agama Islam

Apakah Orang Tenggelam Mati Syahid? Begini Penjelasannya dalam Agama Islam

Duffytheseaturtle.com – Apakah orang tenggelam mati syahid? Bagaimana agama Islam melihat kejadian ini? Jika Anda belum tahu apakah orang tenggelam mati syahid, silahkan simak artikel ini sampai habis.

Read More

Artikel ini membahas apakah orang tenggelam mati syahid dari sudut pandang agama Islam. Tentu, kita perlu mengetahui kategori orang mati syahid disebabkan karena apa saja.

Terdapat hadist riwayat muslim Abu Daud 3111 dan disahihkan oleh Al-Bani menyebutkan ada tujuh jenis penyebab kematian yang membuat seseorang tergolong mati syahid, antara lain:

  1. Mati karena tha’un
  2. Mati karena tenggelam
  3. Mati karena sakit tulang rusuk
  4. Mati karena sakit perut
  5. Mati karena terbakar
  6. Mati karena tertimpa benda keras
  7. Wanita mati karena melahirkan. 

Dilansir dari berbagai sumber, bahwa jenazah orang yang mati syahid tidak perlu disholatkan dan tidak dimandikan.  Hal ini sesuai dengan yang nabi lakukan kepada pasukan muslim yang meninggal di medan perang dalam perang uhud.

Baca Juga:
Pencarian Satu Remaja Tenggelam di Pantai Congot Dilanjutkan, 100 Personil Tim SAR Gabungan Dikerahkan

Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma berkisah, “Nabi Shallallahu’alaihiwasallam pernah menggabungkan dalam satu liang kubur dua orang laki-laki yang gugur dalam perang Uhud dan dalam satu kain. Lalu bersabda, “Siapakah diantara mereka yang lebih banyak mempunyai hafalan Al Qur’an”. Bila Beliau telah diberi tahu kepada salah satu diantara keduanya, maka Beliau mendahulukannya di dalam lahad, “Aku akan menjadi saksi atas mereka pada hari qiyamat”. sabda Nabi shallallahu’alaihi wasallam. Maka Beliau memerintahkan agar menguburkan mereka dengan darah-darah mereka, tidak dimandikan dan juga tidak dishalatkan.”

Meskipun demikian, di antara para ulama terjadi diskusi bahwasanya ada jenis syahid yang membuat sosok yang meninggal syahid di dunia belum tentu syahid di akhirat. Berikut tiga macam syahid menurut para ulama:

1. Syahid dunia dan akhirat

Orang yang meninggal syahid dunia dan akhirat adalah mereka yang meninggal di medan perang dan tindakannya didahului dengan niat ikhlas karena Allah SWT

2. Syahid didunia namun tidak syahid di akhirat

Baca Juga:
Awalnya Dilaporkan Jumlah Penumpang Kapal Tenggelam di Selat Makassar 42 Orang, Data Terbaru 50 Orang

Orang yang meninggal syahid di dunia namun tidak syahid di akhirat adalah mereka yang riya’ atau hidup demi kepentingan duniawi semata



#Apakah #Orang #Tenggelam #Mati #Syahid #Begini #Penjelasannya #dalam #Agama #Islam

Sumber : www.suara.com

Related posts