7 Cara Lakukan Senam Pernapasan Secara Mandiri

7 Cara Lakukan Senam Pernapasan Secara Mandiri

Duffytheseaturtle.com – Sesak napas menjadi salah satu gejala yang kerap dialami pasien masalah pernapasan seperti asma, ISPA, hingga Covid-19.

Read More

Untuk itu, penting bagi masyarakat mengetahui cara senam pernapasan untuk mengatasi sesak napas terutama bagi pasien Covid-19 yang melakukan isoman atau isolasi mandiri.

Berikut ini tahap senam pernapasan untuk pasien Covid-19, seperti yang dibagikan kanal YouTube, National Hospital Surabaya, dan dijelaskan oleh Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi – dr. Patricia Maria Kurniawati, Sp.KFR.

Pertama, lakukan teknik deep breathing atau tarik napas dari hidung dalam-dalam. Tahan dua detik kemudian hembuskan lewat mulut, lakukan sebanyak empat hingga lima kali.

Baca Juga:
Pandemi Covid-19 RI Masih Berlanjut, Menkes Budi Gunadi: Sekarang Ujiannya Enam Bulan Lagi

Kedua, lalukan chest expansion. Caranya letakkan kedua tangan ke dada samping lalu tarik napas panjang. Saat buang napas, tekan perlahan dada, mengikuti pergerakan napas, lakukan sebanyak empat hingga lima kali.

Ketiga, lakukan batuk efektif yaitu dengan cara tarik nafas dalam, lalu hembuskan. Tarik napas kembali dan batukkan sebanyak dua kali.

Keempat, purshed lips breathing. Siapkan tisu, lalu lakukan tarik napas dan hembuskan seperti meniup lilin, lakukan sebanyak empat hingga lima kali.

Kelima, lalukan latihan arom ringan, yaitu gerakan seluruh anggota tubuh dimulai dari kepala, tangan dan kaki diikuti dengan napas ringan, lakukan sebanyak delapan hingga 10 kali.

Keenam, jalan kecil sekitar tempat tidur sesuai dengan tingkat kebugaran. Lakukan sebanyak lima hingga 10 kali.

Baca Juga:
Presiden Jokowi Minta Jajaki Vaksin Covid-19 Buat Anak di Bawah 6 Tahun

Ketujuh, miringkan tubuh ke kanan dan kiri setiap dua jam sekali dengan miring ke kanan, terlentang dan miring kiri. Lakukan sebanyak lima hingga 10 kali.



#Cara #Lakukan #Senam #Pernapasan #Secara #Mandiri

Sumber : www.suara.com

Related posts