7 Cara agar Cepat Tidur, Dengarkan Musik hingga Jauhi Handphone

7 Cara agar Cepat Tidur, Dengarkan Musik hingga Jauhi Handphone

Duffytheseaturtle.com – Jika Anda bisa tidur cepat dan nyenyak di malam hari, ini merupakan hal yang patut di syukuri. Dengan begitu, tubuh Anda akan segar kembali di pagi harinya dan siap melakukan berbagai aktivitas yang membutuhkan konsentrasi. Jika apa yang terjadi malah sebaliknya, bagaimana cara agar tidur cepat dan nyenyak?

Bagi beberapa orang, kesulitan tidur atau insomnia sering kali membuat mereka harus terjaga, bahkan semalam suntuk. Hal ini tidak hanya membuat Anda mengantuk di pagi harinya. Jika dibiarkan terus menerus, bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes, darah tinggi, hingga stroke.

Read More

Supaya hal tersebut tidak terjadi, cari tahu tips tidur cepat yang telah dilansir dari laman Healthline berikut!

Ilustrasi tidur. (Unsplash.com/ Andisheh A)

1. Metode pernapasan 4-7-8

Baca Juga:
Mengenal Brown Noise, Jenis Suara yang Bisa Buat Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Dr. Andrew Weil, pendiri Arizona Center for Integrative Medicine merekomendasikan metode pernapasan 4-7-8 untuk membuat Anda mudah tertidur. Cara ini didasarkan pada teknik pengendalian napas saat yoga dan terdiri dari pola pernapasan yang melemahkan sistem saraf.

Berikut caranya:

  • Pertama, letakkan ujung lidah pada belakang gigi depan atas
  • Buang napas sepenuhnya melalui mulut hingga berbunyi “wuss”
  • Setelah itu, tutup mulut dan tarik napas melalui hidung sampai hitungan ke-4.
  • Selanjutnya, tahan napas sampai hitungan ke-7.
  • Buka mulut dan buang napas sampai berbunyi “wuss” selama 8 detik.
  • Ulangi setidaknya tiga kali.

2. Buat jadwal

Bangun dan tidur di waktu yang sama setiap hari dapat membuat tubuh Anda tahu kapan waktu untuk tidur dan lebih cepat terlelap pada waktu-waktu tersebut. Namun, pastikan bahwa kebiasaan tersebut telah memenuhi standar waktu tidur yaitu 7 sampai 9 jam setiap malam.

Terakhir, beri waktu 30-45 menit untuk bersantai di malam hari sebelum tidur. Ini supaya tubuh Anda lebih rileks dan tidur lebih nyenyak.

Baca Juga:
Saat Tidur Lebih Baik Mematikan atau Menyalakan Lampu?

3. Kurangi cahaya

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kegelapan meningkatkan produksi melatonin, hormon penting untuk tidur. Cahaya redup di malam hari dapat meningkatkan rasa kantuk dan meminimalisir tubuh Anda tetap terjaga untuk waspada.

4. Atur jam makan

Cara selanjutnya supaya Anda cepat terlelap adalah membatasi jam makan. Usahakan untuk makan terakhir 4 jam sebelum waktu tidur. Selain itu, konsumsi makanan tinggi karbohidrat secara berlebihan dapat merusak kualitas istirahat malam.

Ilustrasi tidur siang (freepik.com/freepik)
Ilustrasi tidur siang (freepik.com/freepik)

5. Dengarkan musik

Musik secara signifikan dapat meningkatkan kualitas tidur, bahkan bisa digunakan untuk memperbaiki gangguan tidur kronis, seperti insomnia. Musik jenis Buddhis menjadi salah satu yang paling ampuh mengantarkan Anda untuk tidur.

Namun, jika Anda tidak suka mendengarkan musik sebelum tidur, cukup hindari kebisingan yang mungkin datang tiba-tiba seperti dari perangkat elektronik.

6. Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan durasi dan kualitas tidur dengan merangsang produksi serotonin di otak dan menurunkan kadar kortisol, hormon pemicu stres. Untuk meningkatkan kualitas tidur, olahraga di pagi hari memberikan efek yang lebih signifikan dibanding olahraga sore.

7. Matikan perangkat elektronik

Bicara soal cara agar cepat tidur, poin ini tak kalah penting. Terlalu banyak menggunakan ponsel atau perangkat elektronik di malam hari, terbukti mengganggu upaya tidur Anda. Hal ini dikarenakan pancaran blue light yang menekan melatonin.

Penggunaan perangkat elektronik juga membuat pikiran Anda selalu aktif. Jadi, jauhkanlah ponsel atau perangkat elektronik lainnya dari jangkauan Anda di tempat tidur.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri



#Cara #agar #Cepat #Tidur #Dengarkan #Musik #hingga #Jauhi #Handphone

Sumber : www.suara.com

Related posts