4 Amalan yang Dapat Dilakukan di Hari Jumat

4 Amalan yang Dapat Dilakukan di Hari Jumat

Sukabumi.suara.com – Bagi umat muslim hari Jumat sendiri merupakan hari yang istimewa karena memiliki sejumlah keutamaan. Hari Jumat dapat disebut juga dengan sayyidul ayyam atau penghulu hari. 

Read More

Di hari Jumat juga Allah SWT memuliakan umat Rasulullah SAW, yang sebelumnya tidak diberikan kepada umat-umat nabi terdahulu. Oleh karena itu kita harus memanfaatkan hari Jumat dengan sebaik-baiknya. 

Untuk itu kita sebagai muslim harus mengamalkan ajaran Islam yang sayang untuk dilewatkan. Berikut merupakan amalan yang dapat dilakukan ketika hari Jumat:

1. Memperbanyak Salawat

Baca Juga:Wajib Tahu, Doa yang Bisa Dibaca Saat Merasa Gelisah dan Sedih

Amalan yang dapat dilakukan ketika hari Jumat yang pertama adalah memperbanyak salawat. Hal ini dijelaskan melalui Riwayat HR. Baihaqi yang artinya:

“Perbanyaklah salawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.”

2. Membaca dan mengamalkan surat Al-Kahfi

Membaca surat Al-Kahfi merupakan salah satu amalan yang tidak boleh dilewatkan pada hari Jumat. Karena orang yang membaca dan mengamalkan surat Al-Kahfi pada hari Jumat akan mendapatkan cahaya yang menyinari di antara dua Jumat. Hal ini sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Al-Hakim.

Artinya: Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan ada cahaya yang menyinarinya di antara dua Jumat.   

Baca Juga:Doa saat Harapan Telah Terwujud, Yuk Sering Diamalkan

3. Memperbanyak Zikir dan Doa

Selain untuk meminta rizki, memperbanyak zikir dan doa juga dapat dilakukan ketika kita ingin memperbaiki diri, bertaubat dan berintrospeksi. Jika kita merasa dosa kita terlalu banyak dengan ibaratnya seluas buih di lautan, maka berdoalah di hari Jumat.  

Sebagaimana dengan hadits sahabat Anas bin Malik, ia mendengar Rasulullah SAW bersabda: 

“Barang siapa membaca ‘Astagfirullahalladzi laa ilaaha illa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaihi’ sebanyak tiga kali pada Jumat pagi sebelum shalat Ghadat (Subuh), maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya walaupun (Dosa itu) sebanyak buih di lautan.” (HR. Ibnu Sinni).

4. Memperbanyak sedekah

Allah SWT menjanjikan pahala dan balasan yang berlipat bagi orang yang bersedakah, terutama pada orang yang bersedekah di hari Jumat. 

Sebagaimana dengan Imam Syafii dalam kitab Al-Umm pada bab “Hal-hal yang Diperintahkan di Hari dan Malam Jumat”, meriwayatkan hadits berikut:

Artinya: “Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.” (Imam Asy Syafii, al-Umm, juz 1, hal. 239).

Itulah amalan-amalan yang dapat kamu lakukan di hari Jumat, begitu banyak dan besar balasan dari Allah SWT yang sayang untuk dilewatkan, semoga bermanfaat. 

#Amalan #yang #Dapat #Dilakukan #Hari #Jumat

Sumber : sukabumi.suara.com

Related posts