3 Alasan Timnas Indonesia Tak Diundang Malaysia untuk Tampil di Piala Merdeka 2023

3 Alasan Timnas Indonesia Tak Diundang Malaysia untuk Tampil di Piala Merdeka 2023

Duffytheseaturtle.com – Keputusan Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) untuk tak mengundang Timnas Indonesia berpartisipasi di Piala Merdeka 2023 sebetulnya cukup masuk akal.

Read More

Setidaknya, ada tiga alasan kuat yang membuat Timnas Indonesia tak diperhitungkan sehingga layak diundang sebagai salah satu peserta turnamen Piala Merdeka 2023.

Alasan-alasan inilah yang memang akhirnya membuat FAM memilih tiga kandidat yang akan bersaing dengan Timnas Malaysia di Piala Merdeka 2023.

Untuk diketahui, ketiga kandidat yang menjadi calon peserta Piala Merdeka 2023 ini secara peringkat dan kualitas memang jauh di atas Indonesia.

Baca Juga:
Erick Thohir Ingin Bangun 2 Training Center untuk Timnas Indonesia, Netizen Dukung 1000 Persen

Sejatinya, Indonesia punya rekam jejak yang apik di turnamen ini. Sebab, skuad Garuda pernah tiga kali meraih gelar juara Piala Merdeka. Masing-masing diraih pada edisi 1961, 1962, dan 1969.

Berikut menyajikan tiga alasan yang membuat Timnas Indonesia tak diundang Malaysia untuk berpartisipasi di Piala Merdeka 2023:

1. Ranking FIFA Timnas Indonesia Rendah

Jika mempertimbangkan ranking FIFA negara-negara yang akan diundang mengikuti Piala Merdeka 2023, tentu saja posisi Timnas Indonesia masih sangat jauh.

Sebab, saat ini Timnas Indonesia masih berada di urutan ke-151 ranking FIFA, Adapun Malaysia yang berstatus tuan rumah penyelenggara berada di urutan ke-145.

Baca Juga:
Kualitas Bakat Marselino Ferdinan Dilirik Media Prancis, Begini Tanggapan Netizen

Jika Malaysia mencari lawan yang tangguh untuk mempersiapkan diri menghadapi Piala Asia 2023, tentu Indonesia bukanlah lawan yang tepat.

Sebab, Harimau Malaya membutuhkan lawan yang lebih tangguh agar persiapan mereka bisa semakin matang menghadapi turnamen tersebut.

2. Kalah Saing dengan Thailand dan Vietnam

Selanjutnya, Timnas Indonesia juga tak terlalu bisa bersaing jika disandingkan dengan dua tim terkuat Asia Tenggara saat ini, Vietnam dan Thailand.

Buktinya, Timnas Indonesia tak bisa berkutik ketika menghadapi dua negara tersebut di turnamen Piala AFF 2022.

Itulah sebabnya, Malaysia tak mengundang Indonesia untuk berpartisipasi di Piala Merdeka 2023. Alasan terkuatnya tentu berkaitan dengan performa skuad Garuda yang tak jauh lebih kuat ketimbang mereka.

3. Kualitas Timnas Indonesia Menurun

Jika dibandingkan dengan beberapa momen sebelumnya, kualitas permainan dan pemain Timnas Indonesia memang mengalami penurunan di Piala AFF 2022.

Terbukti, anak asuh Shin Tae-yong gagal melaju ke final. Performa yang diperlihatkan kala bersua Thailand, Vietnam, dan Filipina jadi buktinya.

Performa semacam ini tentu saja sangat bertolak belakang dari permainan Timnas Indonesia ketika menghadapi Kualifikasi Piala Asia 2023 dan FIFA Matchday.

Dalam ajang yang disebut terakhir, skuad Garuda sukses menang dua kali atas Curacao yang secara peringkat jauh di atas Indonesia.

[Muh Faiz Alfarizie]



#Alasan #Timnas #Indonesia #Tak #Diundang #Malaysia #untuk #Tampil #Piala #Merdeka

Sumber : www.suara.com

Related posts